Maulid Nabi Muhammad SAW dan Pengukuhan DKM Se-Kabupaten Sukabumi Dihadiri Bupati Sukabumi

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Manaqib Tingkat Kabupaten Sukabumi, yang dirangkaikan dengan Pengukuhan DKM Se-Kabupaten Sukabumi. Acara ini berlangsung, pada Selasa (10/9/2024) di Lapang Gumbira, Kecamatan Nagrak.

Kepala Bagian Kesra Kabupaten Sukabumi, Wawan Setiawan, menjelaskan bahwa acara ini merupakan bagian dari peringatan Maulid Nabi, tasyakur bin nikmat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) yang ke-154, pengukuhan DKM Se-Kabupaten Sukabumi, serta Haol ke-9 KH. Zezen ZA Bazul Asyhab.

“Semoga kegiatan ini berkontribusi terhadap syiar Islam dan meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan,” ungkap Wawan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sukabumi mengukuhkan pengurus DKM dari seluruh Kabupaten Sukabumi, serta secara simbolis menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada enam koordinator wilayah (Korwil). Selain itu, Bupati juga memberikan bantuan insentif kepada 6.000 pengurus DKM se-Kabupaten Sukabumi.

Bupati menekankan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah momen penting untuk memperkuat silaturahmi dan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai teladan agung bagi umat manusia.

“Makna mendasar dari acara ini adalah mengevaluasi sejauh mana kita meneladani sifat-sifat Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

H. Marwan Hamami juga mengingatkan pentingnya peran dan jasa Almarhum KH. Zezen ZA Bazul Asyhab bagi Kabupaten Sukabumi. Ia menegaskan bahwa kebaikan dan jasa beliau masih dirasakan hingga saat ini, dengan nama beliau diabadikan sebagai nama jalan di Kabupaten Sukabumi sebagai bentuk penghormatan,” tegasnya.

Mengenai pengukuhan DKM, Bupati mengharapkan agar pengurus DKM di bawah naungan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dapat memakmurkan masjid serta menjadikannya sebagai pusat kegiatan keagamaan, pendidikan, sosial, dan aspek positif lainnya,” pungkasnya.

Ketua DMI Kabupaten Sukabumi, KH Aang Abdullah Zein, menyatakan bahwa program-program DMI selalu didukung oleh sinergi antara ulama dan umaro untuk mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang maju dan religius. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi atas dukungannya dalam penyelenggaraan acara tersebut,” tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan Tabligh Akbar yang disampaikan oleh Ketua Pengurus Wilayah (PW) DMI Jawa Barat, KH Mansyur Syaerozi, dan ditutup dengan doa oleh Habib Naim Jufri Al Jailani, keturunan ke-27 Syekh Abdul Qadir al-Jailani.

Pos terkait