Kondisi Jemaah Haji Kabupaten Bogor di Mina: Sehat Meski Banyak yang Batuk dan Sakit Tenggorokan

Kesehatan Jemaah Haji Kabupaten Bogor di Mina Terpantau Baik, Meski Dihadapkan Cuaca Panas. (Foto: Ist).

Matanusa, Bogor – Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor mengabarkan perkembangan terkini jemaah haji yang sedang berada di kawasan Mina, usai melakukan kegiatan lempar jumroh.

Ketua Tim Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Luki Gema Safari, menjelaskan bahwa kondisi para jemaah haji dari Kabupaten Bogor sampai saat ini masih dalam keadaan baik. “Alhamdulillah masih sama dengan yang terakhir keberangkatan, tidak ada jemaah haji meninggal asal Kabupaten Bogor,” ungkapnya pada Selasa (18/06).

Secara umum, kondisi kesehatan jemaah haji asal Kabupaten Bogor terbilang baik. Namun, banyak dari mereka yang menderita batuk dan sakit tenggorokan. Menurut Luki, hal ini disebabkan oleh perbedaan cuaca, dimana suhu di Arab Saudi saat ini cukup panas.

“Suhunya berkisar antara 42-43 derajat Celsius, memang panas, sehingga banyak yang batuk-batuk dan sakit tenggorokan. Dia juga menyarankan para jemaah untuk selalu minum air meskipun tidak merasa haus untuk menjaga kondisi kesehatan mereka,” jelas Luki.

Meski demikian, Luki menyebutkan bahwa belum ada informasi pasti mengenai jumlah jemaah yang sakit dan yang sehat. “Tapi jemaah haji asal Kabupaten Bogor banyak juga yang sehat,” pungkasnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor terus memantau perkembangan kesehatan jemaah haji dan memberikan saran serta bantuan medis yang diperlukan untuk memastikan kondisi mereka tetap baik selama menjalankan ibadah haji.

Kontributor: Zainal

Pos terkait