Curug Dadali, Surga Tersembunyi di Cianjur

Air Terjun Curug Dadali Yang berada di Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (Foto: Asep M).

Matanusa, Cianjur – Curug Dadali merupakan salah satu curug atau air terjun tersembunyi yang berada di Kadupandak, Cianjur. Lokasi Curug Dadali terletak di Kampung Legoksaat, Desa Wargaasih, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Minggu (4/8/2024).

Rute menuju Curug Dadali dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor, meskipun akses perjalanan cukup sulit. Pengunjung dapat menitipkan kendaraan di rumah penduduk sebelum melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Dari pusat kota Cianjur, air terjun indah ini berjarak 74 km dan dapat ditempuh dalam waktu 2,5 hingga 3 jam dengan kendaraan bermotor.

Petunjuk arah menuju Curug Dadali masih sangat minim, sehingga pengunjung disarankan untuk bertanya pada warga sekitar untuk mendapatkan petunjuk yang lebih jelas.

Daya tarik utama dari Curug Dadali adalah keindahannya yang sering diidentikkan dengan Air Terjun Niagara. Dengan debit air yang sangat besar dan arus air yang kuat, Curug Dadali mengalir di curug dengan lebar sekitar 50 meter. Meskipun ketinggian Curug Dadali hanya sekitar 20 meter, lebar curug yang mencapai 50 meter membuat arus airnya sangat besar.

Namun, pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang di Curug Dadali. Selain karena kolam utamanya yang sempit, arus air yang turun sangat besar dan berbahaya.

Curug Dadali menawarkan keindahan alam yang memukau dan menjadi destinasi yang patut dikunjungi bagi para pecinta alam dan petualangan.

Kontributor: Asep Muklis.

Pos terkait