Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Dumai Riau

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 dipusatkan di Dumai, Riau. Presiden Joko Widodo hadir dan menjadi inspektur upacara. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden).

Matanusa, Jakarta – Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang bertema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045’. Acara ini dihadiri oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Lapangan Garuda Blok Rokan Kota Dumai, Riau.

Dalam keterangannya, AHY menyatakan kebahagiannya bisa ikut serta dalam peringatan tersebut, yang menegaskan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan gaya hidup bagi generasi penerus bangsa. Beliau juga tampil mengenakan pakaian adat Melayu Pekanbaru berbahan tenun asli, dengan motif biru dan corak kuning keemasan yang melambangkan arti kejayaan.

Penunjukan Blok Rokan sebagai lokasi acara puncak peringatan Harlah Pancasila 2024 dianggap sebagai simbol ketahanan energi RI. AHY menekankan pentingnya implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat, maupun bernegara.

Lebih lanjut, AHY meminta Kementerian ATR/BPN untuk selalu berpegang teguh pada Pancasila sebagai panduan dalam memajukan Indonesia ke arah yang lebih baik.

Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Mendagri Tito Karnavian, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pos terkait