Pj Wali Kota Sukabumi Dorong Penguatan Peran RT dan RW, Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, memberikan sambutan dan arahan dalam acara Bimbingan Teknis Administrasi dan Peningkatan Kompetensi Pengurus RT dan RW Kelurahan Sindangsari, yang dilaksanakan, pada Kamis (26/9/2024), di Ruang Pertemuan Kelurahan Sindangsari. Acara ini dihadiri oleh para Ketua RT dan RW se-Kelurahan Sindangsari.

Dalam laporannya, Lurah Sindangsari, Yunan Ananda, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi terkini dan meningkatkan kompetensi para Ketua RT dan RW. Yunan berharap kegiatan ini dapat membantu pengurus RT dan RW dalam menjalankan tugasnya lebih efektif, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat serta berperan sebagai mitra strategis pemerintah di tingkat paling bawah.

Kusmana Hartadji menekankan bahwa peran RT dan RW sangat vital sebagai ujung tombak pemerintahan di masyarakat. “RT dan RW adalah bagian dari mitra pemerintah yang sangat penting. Masyarakat akan lebih banyak berinteraksi dengan RT dan RW sebelum ke jenjang pemerintahan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, RT dan RW memiliki peran kunci dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, terutama selama Pilkada Serentak,” ujarnya.

Selain itu, Kusmana mengingatkan para pengurus untuk menyelesaikan setiap permasalahan di lingkungan masyarakat melalui musyawarah. “Biasakan rembug dengan warga dalam membahas segala persoalan, termasuk program-program seperti penurunan angka prevalensi stunting dan pengelolaan sampah. Jika dikelola dengan baik, sampah pun bisa menghasilkan uang dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” tambahnya.

Ia juga menekankan pentingnya mengembangkan program-program yang dapat meningkatkan swadaya masyarakat. “Setiap kegiatan harus memberikan nilai tambah, baik untuk lingkungan maupun kesejahteraan warga. Niatkan setiap pengabdian kita dengan ikhlas. Segala sesuatu yang dilakukan dengan niat baik, pasti akan mendatangkan kebaikan pula,” pesan Kusmana.

Di akhir acara, Penjabat Wali Kota Sukabumi secara simbolis menyerahkan bantuan berupa gerobak sampah kepada perwakilan Ketua RW. Bantuan ini diharapkan dapat mendukung program pengelolaan sampah yang lebih baik di Kelurahan Sindangsari dan mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan lingkungan yang baik.

Dengan kegiatan ini, diharapkan pengurus RT dan RW di Kelurahan Sindangsari dapat lebih berdaya, berinovasi, dan berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih baik.

Pos terkait