Pemkot Sukabumi Gelar Pemberdayaan Linmas untuk Kesiapan Pilkada 2024

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Pemerintah Kota Sukabumi melalui Kelurahan Karamat menggelar pemberdayaan masyarakat dengan fokus pada peningkatan kapasitas satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas). Acara ini berlangsung di Jalan Kopeng, RT 04/03, Kecamatan Gunungpuyuh, pada Rabu (12/06).

Kegiatan ini diikuti oleh 55 anggota Linmas se-Kelurahan Karamat dan dibuka langsung oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji. Hadir dalam acara tersebut Camat Gunungpuyuh, Widya Yudha Setiawan; Lurah Karamat, Nandar Sudrajat Sanusi; Danramil 0706-06 Gunungpuyuh, Kapten Infanteri Prihatin Supriyanto; Kapolsek Gunungpuyuh, Iptu Didin Waslidin; serta para narasumber.

Dengan tema “Kesiapsiagaan Anggota Linmas Kelurahan Karamat pada Penyelenggaraan Pilkada Tahun 2024”, kegiatan ini menekankan pentingnya peran Satlinmas dalam sistem keamanan dan ketertiban masyarakat di Indonesia.

“Linmas memiliki peran krusial dalam melindungi masyarakat dari berbagai ancaman, termasuk bencana alam dan gangguan ketertiban umum lainnya. Meskipun masih banyak yang belum sepenuhnya memahami tugas dan peran Satlinmas,” ujar Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji.

Kusmana menuturkan bahwa dalam menghadapi Pilkada 2024, anggota Linmas ditugaskan untuk menjaga kondusifitas Tempat Pemungutan Suara (TPS), melindungi petugas TPS, serta memastikan kemudahan bagi calon pemilih untuk melakukan pencoblosan. Selain itu, anggota Linmas juga diimbau untuk menjaga kesehatan.

“Anggota Linmas nantinya juga harus memastikan memeriksa tanda pencoblosan jangan sampai ada yang dua kali nyoblos,” kata Kusmana. “Para anggota Linmas juga saya pesankan jangan menunda makan, kalau sudah waktunya makan ya makan.”

Kusmana menjelaskan bahwa berdasarkan Permendagri No. 26 Tahun 2020, Linmas merupakan upaya dan kegiatan yang dilakukan untuk melindungi masyarakat dari gangguan yang diakibatkan oleh bencana ataupun gangguan lainnya. Upaya ini juga mencakup tugas untuk membantu pemeliharaan keamanan, ketenteraman, dan ketertiban masyarakat, serta partisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Ingat, Satlinmas bukanlah entitas militer, melainkan satuan tugas yang berasal dari anggota masyarakat setempat yang dibentuk oleh Lurah,” tandasnya.

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan kapasitas Linmas dalam menjalankan tugasnya, terutama menjelang Pilkada 2024.

Pos terkait