Bupati Marwan Beraudiensi dengan Kepala Kantor Basarnas Jakarta

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, mengadakan audiensi dengan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Jakarta Basarnas, Desiana Kartika Bahari, di Pendopo, pada Rabu (12/06/2024). Pertemuan ini membahas berbagai isu terkait pencarian dan pertolongan di Kabupaten Sukabumi.

Dalam audiensi tersebut, H. Marwan menyambut baik kehadiran Basarnas yang memiliki tanggung jawab dalam siaga, latihan, operasi, pengelolaan komunikasi, sarana dan prasarana, bimbingan teknis tenaga dan potensi, hingga pemasyarakatan pencarian serta pertolongan. Ia menyampaikan bahwa Kabupaten Sukabumi sangat membutuhkan bantuan pelatihan dari Basarnas, terutama mengingat perkembangan wilayah ke depan.

“Melihat kondisi Kabupaten Sukabumi ke depannya, kita mohon bantuan pelatihan,” ujar H. Marwan.

Ia menambahkan bahwa dengan selesainya pembangunan jalan tol, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sukabumi diprediksi akan meningkat, karena jarak Jakarta ke Palabuhanratu hanya sekitar dua jam perjalanan. “Wisatawan yang datang banyak yang berenang. Jadi, perlu pelatihan di situ,” ucapnya.

H. Marwan juga menekankan luasnya wilayah Kabupaten Sukabumi sebagai alasan pentingnya pelatihan tersebut. “Dari Kantor Basarnas di Palabuhanratu ke Ujunggenteng saja relatif jauh. Jadi, harus ada yang bisa melakukan pertolongan yang terdekat,” ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Jakarta Basarnas, Desiana Kartika Bahari, menyatakan keinginannya untuk berbagi teknik pertolongan agar pertolongan bisa diberikan lebih cepat di lokasi kejadian. “Jadi ada yang bisa menolong sebelum kami datang. Melihat jarak dari Palabuhanratu ke kawasan geopark saja, lumayan jauh,” terangnya.

Kegiatan audiensi tersebut diakhiri dengan bertukar cinderamata antara kedua belah pihak.

Pos terkait