PJ Wali Kota Sukabumi Buka Rakercab 2024: Membangun Generasi Pramuka Berkarakter

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Sukabumi, secara resmi membuka kegiatan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) tahun 2024 Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Sukabumi. Acara berlangsung di Balroom Hotel Balcony, pada Sabtu (4/5/2024).

Turut hadir dalam momen tersebut, Ketua Harian Kwarda Jawa Barat, Debu Nurdyana Hamidin, beserta rombongan pengurus kwartir Daerah Provinsi Jabar, Ketua Kwarcab Kota Sukabumi, Dida Sembada, dan unsur andalan pengurus Kwarran Se-kota Sukabumi.

“Pramuka merupakan kawah candradimuka bagi generasi muda untuk belajar, mengembangkan diri, dan berkontribusi aktif untuk masyarakat,” ujar Kusmana. Ia menekankan nilai-nilai kepramukaan sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara, yang membentuk karakter yang kuat, tangguh, dan adaptif dalam perkembangan zaman.

Kusmana menggarisbawahi eksistensi dunia pramuka yang mengalami degradasi akibat perkembangan zaman harus menjadi pemicu untuk semakin tumbuh dan adaptif terhadap perubahan tersebut, tanpa mengurangi nilai-nilai kepramukaan.

“Tantangan globalisasi saat ini mengakibatkan banyak nilai yang hilang dalam kehidupan bermasyarakat, terlebih masa pandemi yang lalu masih membekas kepada karakter dan sikap adik-adik kita khususnya dalam dunia pendidikan,” jelasnya.

Pj. Wali Kota Sukabumi juga menekankan pentingnya peran dan partisipasi aktif organisasi Pramuka di berbagai sektor, terutama dalam bidang pendidikan yang merupakan khitah gerakan Pramuka itu sendiri.

Melalui Rakercab ini, diharapkan terus bersinergi dan berkolaborasi dalam membangun generasi muda Kota Sukabumi yang berkarakter Pramuka, serta berpegang teguh pada satya dan dharma pramuka. Generasi muda diharapkan dapat menerima nilai dan pengalaman baik dari para senior untuk melihat masa depan yang lebih baik.

“Saya berharap, program dan kegiatan yang tersusun pada hari ini menjadi pedoman bersama dalam membangun generasi muda Pramuka ke arah yang lebih baik. Karena regenerasi gerakan Pramuka kota kita titipkan kepada generasi muda yang kita bina saat ini,” tandasnya.

Pos terkait