Longsor Wilayah Tugujaya, Kabupaten Bogor: Ancaman Terhadap 14 Jiwa

Tampak Sawah warga tertimbun tanah longsor. (Foto: BPBD Bogor).

Matanusa, Sukabumi – Akibat hujan deras dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah Desa Tugujaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat selama beberapa hari terakhir, sebuah tembok penahan tanah (TPT) mengalami longsor, pada Kamis (04/04).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Muhammad Adam Hamdani, menjelaskan bahwa peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (3/4) lalu. Warga segera melaporkan kejadian ini kepada petugas BPBD.

“Menurut Adam, longsor terjadi di beberapa titik lokasi, termasuk Kampung Cipetir, Kampung Sukamanah, dan Kampung Citugu. Meskipun tidak ada korban jiwa, namun 14 jiwa terancam jika longsor susulan terjadi,” ujarnya.

Rincian tanah longsor meliputi Kampung Cipetir dengan tinggi 10 meter, panjang 6 meter, Kampung Sukamanah dengan tinggi 3 meter, panjang 5 meter, Kampung Citugu dengan tinggi 8 meter, panjang 10 meter. Selain itu, ada TPT aliran irigasi persawahan padi yang juga mengalami kerusakan,” jelas Adam.

Adam juga menyampaikan bahwa longsor tersebut berdampak pada akses jalan Kampung warga. Meskipun demikian, jalan masih bisa dilalui dengan hati-hati. Dia menegaskan bahwa situasi belum kondusif dan diperlukan penanganan segera dari pihak terkait untuk menghindari kemungkinan longsor susulan jika hujan terus turun,” pungkasnya.

Pos terkait