Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Ikuti Kegiatan Forum Perangkat Daerah

Foto: Doc. Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dida Sembada, turut serta dalam kegiatan Forum Perangkat Daerah (FPD) Rencana Kerja tahun 2025 di ruang pertemuan Inspektorat Kota Sukabumi, pada Jumat (23/02/24).

FPD penyusunan rencana kerja Perangkat Daerah tahun 2025 ini mengusung tema “Dengan Assurance dan Consulting Kita Wujudkan Pembangunan Kota yang Inklusif dan Berkelanjutan.”

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah menekankan peran penting dan vital Inspektorat sebagai APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah). Beliau menyatakan bahwa untuk menjalankan Pemerintahan Daerah atau Organisasi dengan baik, diperlukan Rencana Strategis, Rencana Kerja, Tujuan, program, dan Kegiatan yang sistematis, integral, sinkron, berkesinambungan, serta memiliki akuntabilitas yang terukur.

“Semua hal tersebut harus dicapai sesuai dengan ketentuan atau dokumen yang telah ditetapkan secara efektif, efisien, handal, tepat waktu, dan berorientasi hasil dengan output dan outcome yang terukur,” ujar Dida Sembada.

Sekretaris Daerah juga menekankan perlunya sistem pengawasan dan pengendalian yang kuat untuk mengawal, menjaga, dan menjamin semua pelaksanaan sesuai harapan, koridor, dan tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Selain itu, Dida Sembada juga menyoroti perubahan peran yang diperlukan dari APIP, baik dari segi pendekatan, sikap, fokus, maupun komunikasi audit.

“Oleh sebab itu, diperlukan juga perubahan peran dari APIP itu sendiri, baik secara pendekatan, sikap, fokus, maupun komunikasi audit. Inspektur Daerah Kota Sukabumi, Een Rukmini, juga hadir dalam acara tersebut,Sehingga APIP bisa menjadi agen perubahan bagi Pemerintah Daerah Kota Sukabumi,” tandasnya.

Pos terkait