Wakil Bupati Sukabumi dan Universitas Pertahanan RI, Bersatu Tanam 5000 Mangrove di Pantai Palangpang

Foto: Penanaman 5000 Pohon Mangrove di Kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark.

Matanusa, Sukabumi – Universitas Pertahanan RI (Unhan RI) melalui Civitas Akademika-nya menyelenggarakan kegiatan pengabdian dengan menanam 5000 pohon mangrove di Pantai Palangpang, Kecamatan Ciemas, sebagai upaya melindungi pesisir pantai dari abrasi. Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sukabumi, H Iyos Somantri, dan beberapa kepala perangkat daerah, pada Jumat (23/02/24).

Wakil Bupati, H Iyos Somantri, menegaskan pentingnya penanaman mangrove untuk menjaga keanekaragaman hayati dan memelihara kawasan geopark. Ia mengucapkan terima kasih kepada Unhan RI atas kontribusinya dalam kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Wabup Iyos menyatakan keinginan agar mangrove yang ditanam dapat dipelihara dengan baik dan diawasi perkembangannya. Ia berharap kegiatan ini dapat memperindah pantai selatan Sukabumi.

Ketua Pelaksana Program Studi Magister Keamanan Maritim Unhan RI, Kolonel Laut Panji Suwaro, menjelaskan bahwa penanaman mangrove merupakan bagian dari program studi mahasiswa Unhan yang berperan dalam menjaga keamanan maritim dan konservasi laut.

“Sebanyak 5000 bibit pohon mangrove telah kita tanam di Kawasan Pantai Palangpang sejak hari kemarin,” ujar Kolonel Laut Panji Suwaro. Selain penanaman, kegiatan ini juga melibatkan aksi bersih pantai dan sosialisasi bela negara.

Alasan pemilihan geopark Ciletuh Palabuhanratu sebagai lokasi penanaman mangrove adalah karena kawasan tersebut sering menghadapi kerawanan, berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Kolonel Laut Panji berharap ke depan dapat terus melibatkan masyarakat dalam kegiatan konservasi ini.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pemberian cenderamata dan penanaman mangrove oleh Wakil Bupati Sukabumi di Muara Cimarinjung, kawasan pantai Palangpang. Upaya ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi keberlanjutan lingkungan dan kehidupan masyarakat setempat.

Pos terkait