Sambut Harlah Pancasila, 3200 Personil Gabungan Lintas OPD Kerja Bakti di Kawasan Monas

MATANUSA.NET JAKARTA –

Sekitar 3.200 personel gabungan lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov DKI Jakarta, melakukan kerja bakti di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (27/5)) pagi.

Dalam rangka mempersiapkan Upacara Hari Lahir Pancasila

Menurut Asisten Pemerintahan Sekretaris Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmiko , aksi kerja bakti ini dalam rangka mempersiapkan Upacara Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni nanti.

Pemprov DKI, kata Sigit, tahun ini mendapat amanat dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasil (BPIP) sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Hari Lahr Pancasila.

“Kegiatan kerja bakti sebagai wujud tanggung jawab kita atas amanat yang diberikan. Kerja bakti akan dilaksanakan di area luar monas, sisi silang monas dan sisi dalam monas sampai dengan lokasi cawan Monas oleh 3.000 lebih personil,” kata Sigit.

Sigit menjelaskan, unsur yang terlibat dalam kerja bakti ini antara lain personel satgas dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) seperti, Dinas Sumber Daya Air (SDA), Bina Marga, Taman dan Hutan Kota, Lingkungan Hidup, Dinas Gulkarmat, Satpol PP dan petugas PPSU, serta Komunitas Delman Monas.

“Selain pasukan pelangi, turut hadir juga Komunitas Delman Monas. Ini semakin menguatkan bahwa Pemprov bersama mereka (komunitas) sama-sama memberikan dukungan untuk kelancaran upacara nanti,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi serta tanggung jawab semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

Diharapkan , momentum bersih-beraih ini  bisa direplikasi di semua  wilayah kota sehingga kebersihan, kenyamanan dan ketentraman bisa diwujudkan.

“Terima kasih kepada seluruh OPD dan konunitas yang ikut dalam aksi ini, semoga sukses Jakarta untuk Indonesia bisa diwujudkan bersama,” tukasnya.

Sementara, Ketua Koordinator Komunitas Delman Monas, Nanang menyatakan, pihaknya mengerahkan 40 anggota dalam aksi bersih-bersih Monas. Keterlibatan para kusir delman ini sebagai wujud kepedulian terhadap Jakarta, sekaligus peduli dengan tempat kerja mereka sehari-hari di Monas. 

“Pencarian kami berada di Monas, jadi nanti lokasi atau tempat pangkal kami ikut bersihkan bersama dengan pasukan pelangi dari Pemprov,” pungkasnya.

|Redaksi/BJ|