Aksi Peduli Lingkungan, Dekopinda Kota Bogor Tuangkan Eco Enzim di Situ Gede

Dekopinda Kota Bogor Tuangkan Seribu Liter Eco Enzim di Situ Gede. (Foto: Ist).

Matanusa, Bogor – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Bogor melakukan penuangan larutan Eco Enzim di Situ Gede, Kota Bogor, pada Minggu (21/7/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kualitas dan membersihkan air di Situ Gede.

Ketua Panitia Lanjar Guntoro mengatakan, penuangan larutan Eco Enzim di Situ Gede merupakan rangkaian dari HUT ke-77 Koperasi Indonesia. Sebelumnya, mereka menggelar berbagai kegiatan seperti pertandingan olahraga, ziarah, tasyakuran, dan FGD.

“Lalu hari ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan kami menuangkan larutan Eco Enzim,” ujarnya.

Larutan yang dituang ke Situ Gede sebanyak seribu liter. Namun, penuangan ini akan ditambah nantinya agar hasil yang diberikan bisa lebih maksimal. “Larutan Eco Enzim ini hasil buatan koperasi di Kota Bogor. Jadi kami menggunakan produk yang diproduksi sendiri,” ungkapnya.

Ketua Koperasi Produsen Mitra Insan Prima, Encep Alhamidi menjelaskan bahwa Eco Enzim ini dibuat oleh mereka. Harapannya, dengan banyaknya manfaat yang bisa diberikan Eco Enzim, ekosistem yang ada di Situ Gede bisa pulih dan lebih baik lagi,” terangnya.

“Seperti disampaikan tadi akan ada penuangan lanjutan, jadi memang harus presentasenya 1 banding 1000 sehingga perlu ditambah terus Eco Enzimnya. Untuk itu, mereka berencana menggandeng sejumlah kalangan untuk ikut memberikan Eco Enzim ke Situ Gede, terutama kerjasama dengan masyarakat dan koperasi-koperasi sekitar,” tambahnya.

“Dampaknya ini besar sehingga memerlukan kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk masyarakat,” pungkasnya.

Ketua Dekopinda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menyebut, Situ Gede dipilih sebagai tempat untuk menuangkan larutan Eco Enzim karena kondisi air yang sudah kotor.

Kontributor: Zainal.

Pos terkait