Wabup Iyos Resmi Membuka Pelatihan Manasik Haji di Desa Sukadamai

Foto: Dokoim.

Matanusa, Sukabumi – Wakil Bupati Sukabumi Drs. H. Iyos Somantri M.Si membuka secara resmi Pelatihan Manasik Haji yang dilaksanakan di Desa Sukadamai, Kecamatan Cicantayan, pada Minggu (21/7/24).

Acara yang diikuti oleh lebih dari 700 warga masyarakat berjalan dengan lancar. Sebelum pelatihan manasik, acara diawali dengan bimbingan serta arahan dari panitia, yang bertujuan memberikan pengetahuan dan pembekalan kepada para peserta tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang baik dan benar.

Acara dimulai dengan sambutan dari panitia, dilanjutkan dengan pembukaan oleh Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri. Kemudian, para peserta menuju lokasi pelatihan fisik dengan berjalan mengelilingi Miniatur Ka’bah yang dilaksanakan di lapangan olahraga Desa Sukadamai.

Tampak hadir dalam acara tersebut jajaran panitia yang dipimpin oleh Haji Oleh, Ketua DMI, Kades Sukadamai Rudi Hartono, MUI Kecamatan, IPHI, DMI, Ketua KTT, serta perwakilan KUA Kecamatan Cicantayan.

Di sela acara, H. Iyos Somantri menyampaikan, “Ini kegiatan yang menurut saya luar biasa, Pak Kades Sukadamai inovatif, sehingga memberikan wahana kepada warga masyarakat agar mereka memahami tata cara jemaah haji yang seharusnya. Meskipun sekarang belum terdaftar atau belum mendaftar, mereka minimal sudah mendapatkan ilmunya. Artinya, ini adalah pembelajaran yang luar biasa menurut saya. Harapannya, kegiatan ini menjadi cikal bakal pembentukan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang baru di Kabupaten Sukabumi yang religi dan agamis,” terangnya.

Di tempat yang sama, Kades Sukadamai Rudi Hartono mengatakan, “Ini merupakan program tahunan yang dilaksanakan oleh Desa Sukadamai, biasanya tingkat MDTA dan PAUD. Alhamdulillah, tahun ini tingkat Dewasa majelis taklim dan DKM. Harapan kami, kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan agama dalam melaksanakan ibadah haji. Ucapan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang mendukung terlaksananya kegiatan ini,” pungkasnya.

Pos terkait