Pemberdayaan Linmas di Kelurahan Sriwidari untuk Kesiapsiagaan Pilkada

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Pemerintah Kota Sukabumi melalui Kelurahan Sriwidari menggelar kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan fokus pada peningkatan kapasitas Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas). Acara ini berlangsung di Villa Cantik, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, pada Rabu (19/6/2024).

Pemberdayaan yang diikuti oleh 70 orang anggota Linmas se-Kelurahan Sriwidari ini dibuka langsung oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji. Turut hadir dalam acara tersebut, Camat Gunungpuyuh, Danramil 0706-06/Gunungpuyuh, Kapolsek Gunungpuyuh, Lurah Sriwidari, serta para narasumber.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan anggota Satlinmas guna mewujudkan Pilkada yang aman, tertib, dan damai. Menjelang Pilkada, anggota Linmas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) memiliki beberapa tanggung jawab penting, termasuk menjaga keamanan lokasi TPS, petugas KPPS, dan logistik pemilu seperti kotak suara, kartu suara, dan alat peraga lainnya.

“Selanjutnya, anggota Linmas juga harus memeriksa pemilih yang akan masuk ke lokasi TPS, memastikan tidak ada tanda tinta di jari tangan, tidak membawa atribut partai atau pasangan calon, serta sudah membawa KTP,” terang Kusmana.

Selain itu, anggota Linmas juga diwajibkan menjaga ketertiban calon pemilih saat menggunakan hak pilihnya dan setelahnya, serta menjaga keamanan distribusi pengembalian kotak suara ke PPK kecamatan.

“Petugas keamanan TPS/Linmas akan ditempatkan di pintu masuk dan keluar TPS, sehingga setiap TPS akan dijaga oleh dua personel keamanan,” jelas Kusmana.

Kusmana juga menjelaskan bahwa berdasarkan Permendagri No. 26 Tahun 2020, Linmas adalah satuan tugas yang terdiri dari anggota masyarakat setempat yang dibentuk oleh lurah untuk melindungi masyarakat dari gangguan akibat bencana atau gangguan lainnya. Upaya ini mencakup tugas membantu pemeliharaan keamanan, ketenteraman, dan ketertiban masyarakat, serta partisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Ingat, Satlinmas bukanlah entitas militer, melainkan satuan tugas yang berasal dari anggota masyarakat setempat,” tandasnya.

Pos terkait