Ketua TP-PKK Kota Sukabumi Hadiri Penyuluhan Gerakan Gemarikan di SDN Babakan Sirna

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Sukabumi, Diana Rahesti, menghadiri acara Penyuluhan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP) Kota Sukabumi di SDN Babakan Sirna, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, pada Rabu (22/05/24).

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sukabumi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, Kepala Bidang Perikanan beserta seluruh jajaran, Camat Warudoyong, Lurah Benteng, Kepala Puskesmas Benteng, Kepala SDN Babakan Sirna beserta seluruh tenaga pengajar dan staf, Ketua DWP DKP3, Pokja 3 TP PKK Kota Sukabumi, Ketua TP-PKK Kecamatan Warudoyong, dan Ketua TP-PKK Kelurahan Benteng.

Penyuluhan ini dihadiri oleh 120 siswa SDN Babakan Sirna dan bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan di kalangan anak-anak. Ketua Penyelenggara Kegiatan, Gilang, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa konsumsi ikan masyarakat Sukabumi masih rendah.

“Kegiatan penyuluhan ini melibatkan siswa SDN Babakan Sirna dari kelas 1 sampai kelas 5, dengan metode pemaparan materi penyuluhan yang disampaikan oleh PJ. Ketua Forikan Kota Sukabumi dan bidang perikanan DKP3 Kota Sukabumi. Selain pemaparan materi, kegiatan ini juga diselingi dengan games, pembagian olahan ikan, dan makan olahan ikan bersama,” jelas Gilang.

Gilang menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk mengenalkan pentingnya mengkonsumsi ikan kepada anak-anak, terutama usia sekolah dasar. “Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung yang dapat dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Diana Rahesti dalam arahannya menjelaskan bahwa ikan merupakan sumber protein yang penting bagi kesehatan tubuh. “Ikan mengandung berbagai macam gizi yang penting bagi tubuh, seperti protein, omega 3, yodium, dan zat besi,” ungkap Diana.

Diana juga menjelaskan bahwa ikan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan risiko serangan jantung, menjaga kesehatan mata, kulit, tulang, dan sendi, menjaga kesehatan mental, mendukung kehamilan, dan meningkatkan kemampuan otak.

Diana mengajak siswa SDN Babakan Sirna untuk mengkonsumsi ikan sebanyak 2-3 kali setiap minggunya. “Mari kita jadikan ikan sebagai makanan sehari-hari. Ikan mudah diolah dan banyak pilihannya,” ajak Diana.

Beberapa fakta menarik yang disampaikan dalam penyuluhan tersebut antara lain:

  • Ikan kembung yang relatif murah justru memiliki kandungan omega 3 sebanyak 1,5 kali lebih tinggi dari ikan salmon yang lebih mahal.
  • Konsumsi ikan pada anak usia 1-3 tahun dianjurkan sebanyak 100 gram/minggu, pada usia 4-7 tahun sebanyak 200 gram/minggu, pada usia 8-10 tahun sebanyak 300 gram/minggu, dan pada usia 11 tahun ke atas sebanyak 400 gram/minggu.

Dengan mengkonsumsi ikan secara teratur, diharapkan anak-anak di Kota Sukabumi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat.

Pos terkait