Merck Indonesia dan Plan Indonesia Dorong Sanitasi Layak untuk Lima Sekolah di Sukabumi

Pihak sekolah sedang menjelaskan terkait program Dearest yang sedang dijalankan. (Foto: Didit Handika/Plan Indonesia).

Matanusa, Sukabumi – Merck Indonesia dan Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia), didukung oleh Merck Family Foundation (MFF), secara resmi meluncurkan program Decent Sanitation and Menstrual Hygiene Education at School (Dearest) hari ini, pada Rabu (03/04).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kebersihan pelajar dan guru melalui penyediaan fasilitas sanitasi yang layak dan edukasi tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) di lima sekolah di Kabupaten Sukabumi.

“Fasilitas sanitasi di sekolah masih menjadi perhatian utama, dengan 27% atau 309.783 satuan pendidikan belum memiliki akses sanitasi yang memadai menurut Profil Sanitasi Sekolah Kementerian Pendidikan pada tahun 2020. Melalui program Dearest, Merck Indonesia dan Plan Indonesia berupaya mengurangi kesenjangan fasilitas sanitasi antara sekolah di pedesaan dan perkotaan.”

Dr. Walter Huber, Managing Director Merck Family Foundation, menyatakan bahwa program Dearest merupakan bagian dari upaya MFF dalam memastikan akses terhadap fasilitas sanitasi yang lebih baik bagi anak-anak di seluruh dunia. Diharapkan, edukasi MKM dan ketersediaan fasilitas sanitasi yang layak akan memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kesejahteraan anak-anak di Kabupaten Sukabumi,” terangnya.

“Program ini juga melibatkan karyawan Merck Indonesia, termasuk anggota Indonesia Women in Leadership Network (I WIL), sebagai relawan untuk memberikan pelatihan tentang MKM dan Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) kepada pelajar dan guru. Evie Yulin, President Director PT Merck Tbk, menekankan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi perkembangan optimal anak-anak, termasuk melalui fasilitas sanitasi yang memadai,” tambahnya.

Sementara itu, Plan Indonesia mendorong lima sekolah yang terlibat untuk mengintegrasikan topik HKSR dan MKM ke dalam kurikulum mereka, dengan harapan adopsi oleh lebih banyak sekolah di masa depan,” pungkasnya.

Program Dearest merupakan langkah nyata dalam mewujudkan komitmen Merck Indonesia dan Plan Indonesia dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak melalui pendidikan dan akses terhadap fasilitas sanitasi yang layak. Informasi lebih lanjut tentang program ini dapat ditemukan di website Plan International Indonesia.

Pos terkait