Kota Sukabumi Siapkan ASN 2024: Fokus Talenta Digital dan Profesionalisme

Foto: Doc. Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, bersama Kepala BKPSDM Kota Sukabumi, Didin Syarifudin, telah mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2024 di Bidakara Jakarta, pada Kamis (14/03/24).

Rapat tersebut dipandang sebagai langkah krusial dalam menyamakan persepsi dan membangun komitmen antar instansi terkait pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024. Fokus utamanya adalah memastikan pemenuhan talenta digital serta tindak lanjut pemenuhan ASN di berbagai instansi.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, menegaskan komitmen pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan ASN sesuai arahan Presiden Joko Widodo, dengan target 774.999 ASN Pendidik, Peneliti, dan Perekayasa (P3K) guru,” tegasnya.

“Pada proses seleksi, kuota guru ASN P3K akan diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan guru. Kolaborasi yang sinergis antara Kemendikbudristek, KEMENPAN-RB, serta kementerian dan lembaga terkait menjadi landasan kuat keberhasilan program ini.”

KemenPAN-RB, Abdullah Azwar Anas, menyampaikan bahwa Presiden telah menetapkan formasi sebanyak 2.302.543 ASN, menciptakan birokrasi yang tanggap, efisien, dan adaptif menjadi fokus utama, didukung oleh transformasi digital pemerintahan,” terangnya.

Pada penekanan rekrutmen ASN, perhatian besar diberikan pada profesionalisme birokrasi sebagai kunci untuk mencapai visi pemerintah menuju peringkat empat besar ekonomi dunia. Azwar Anas menyoroti pentingnya penyederhanaan proses bisnis, manajemen kinerja, serta delegasi kewenangan guna mempercepat transformasi birokrasi,” tandasnya.

Pemerintah Kota Sukabumi memberikan komitmen penuh untuk mengimplementasikan arahan dan pedoman yang dihasilkan dalam Rapat Koordinasi ini, dengan tujuan mewujudkan ASN yang profesional, terpercaya, dan berintegritas di lingkungan pemerintahan setempat.

Pos terkait