UMKM Sukabumi dan Pusat Investasi Pemerintah: Sinergi Pemberdayaan dalam Podcast Radio Swara Perintis FM, 93.1 MHz

Foto: Doc. Dokpim

Matanusa, Sukabumi – Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, bersama Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat, Heru Pudyo Nugroho, dan Kepala Diskumindag Kota Sukabumi, Agus Wawan Gunawan, mengambil bagian dalam sebuah Podcast di Radio Swara Perintis FM, 93.1 MHz, pada Jumat (02/02/24).

Pentingnya pengembangan dan pemberdayaan UMKM dalam ekonomi global menjadi fokus pembicaraan, mengingat UMKM sebagai tulang punggung perekonomian dan pondasi nasional. Untuk menguatkan sektor ini, sinergi dari berbagai pihak dibutuhkan, dengan harapan mampu menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Diskumindag Kota Sukabumi telah aktif melaksanakan berbagai kegiatan dalam upaya pemberdayaan UMKM pada tahun 2023, seperti pelatihan wirausaha dan calon wirausaha, pelatihan digital marketing, pelatihan kewirausahaan, sosialisasi penguatan permodalan, pelatihan wirausaha DBHCHT, pendampingan dari UMKM Juara, pelatihan inkubator bisnis, serta program Laik Hygiene dan PKP.

Salah satu program signifikan adalah Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) melalui pusat investasi pemerintah (PIP). Program ini bertujuan mendukung usaha ultra mikro yang belum memiliki akses ke perbankan, menyediakan pembiayaan konvensional maupun berdasarkan prinsip syariah sebagai fasilitas pembiayaan yang mendukung pertumbuhan UMKM.

Pos terkait