Sukabumi Youth Planner Conference SYPC 2024, Fokus Pada Pembangunan Inklusif

Foto: Doc. Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Acara Sukabumi Youth Planner Conference (SYPC) tahun 2024 sukses digelar di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi pada Sabtu (17/02/24). Acara yang dibuka oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, dihadiri oleh 30 delegasi SYPC.

Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, menekankan pentingnya perencanaan pembangunan kota untuk meningkatkan kualitas hidup penduduk, menjaga keberlanjutan lingkungan, dan efisiensi penggunaan sumber daya. “Perencanaan kota yang baik melibatkan aspek inklusif, ramah terhadap penyandang disabilitas, kelompok remaja, dan masyarakat umum,” ujarnya.

Kegiatan SYPC merupakan implementasi Peraturan Wali Kota Sukabumi Nomor 53 tahun 2023 tentang Perencanaan Pembangunan Inklusif. Menurut Kusmana, SYPC menjadi wadah bagi anak muda Kota Sukabumi untuk berkumpul, berdiskusi, dan mensimulasikan isu-isu permasalahan kota. “SYPC telah berlangsung sejak 2019 dan kini memasuki penyelenggaraan tahun kelima,” tambahnya.

“Pada tahun ini, 30 anak muda terpilih, setelah melewati seleksi berkas dan pembekalan, membahas lima isu strategis: pendidikan, ekonomi, tata ruang, digital, dan lingkungan hidup.”

Kusmana berharap SYPC menghasilkan gagasan dan usulan kegiatan yang mencerminkan kebutuhan generasi muda Kota Sukabumi, mendorong pembangunan kota yang inklusif dan berkelanjutan,” tandasnya.

Pos terkait