PUPR Genjot Konektivitas Jalan Sumatera Utara: 30 Ruas Diperbaiki, Investasi Rp1,2 Triliun

Foto: Doc. Kementerian PUPR/IG.

Matanusa, Sumatra Utara – Kementerian PUPR terus melanjutkan upaya peningkatan konektivitas jalan di wilayah ini sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023, Sabtu (17/02).

Kementerian PUPR berhasil menyelesaikan pembangunan pada 30 ruas jalan dengan total panjang mencapai 224 km, dengan alokasi anggaran mencapai Rp1,2 triliun. Proyek ini mencakup 19 kabupaten/kota yang tersebar di empat kawasan/koridor, yakni Lintas Timur, Lintas Tengah, Lintas Barat, dan Nias.

Di Kabupaten Labuhan Utara (Labura), sejumlah ruas jalan mendapat perhatian, seperti Jalan Gunting Saga-Teluk Binjei sepanjang 5 km dengan biaya penanganan Rp41,6 miliar, dan Jalan Teluk Binjei-Tanjung Leidong sepanjang 3 km dengan biaya Rp29,4 miliar.

Selain itu, penanganan signifikan dilakukan pada ruas Jalan Kuta Bangun-Kuta Kendit sepanjang 37,2 km di kawasan Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, yang dikenal sebagai “Jalan Jeruk”. Proyek ini berhasil diperbaiki dengan biaya mencapai Rp163,74 miliar, termasuk perluasan lebar badan jalan menjadi 5,5 m dengan lebar saluran 1 m.

“Liang Melas Datas, dengan luas 85,19 km2 dan mencakup 4 kecamatan, 7 desa, dan 3 dusun, memiliki penduduk mayoritas sebagai petani jeruk, jagung, cabai, dan kemiri.”

Pembenahan jalan ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antara sentra produksi perkebunan dan pertanian dengan pasar. Sebelumnya, kondisi jalan sulit dilalui dan hanya bisa dilewati oleh kendaraan off road dengan kecepatan rata-rata 5-10 km/jam.