Kinerja Akhir Tahun Dinas Pertanian Berikan Apresiasi Bagi PPL, Dalam Lomba Inovasi 2023

Foto; Pemkab Sukabumi

SUKABUMI, MATANUSA – Dalam rangka evaluasi kinerja akhir tahun Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, berikan apresiasi bagi Penyuluh Pertanian Lapang (PPL) kategori pembinaan pegawai dan pemberian penghargaan.

Apresiasi tersebut yang telah mengikuti Lomba Inovasi lingkup Pertanian tahun 2023, pelaksanaan pertemuan bertempat di Mahoni Leisure pada Kamis (21/12/2023).

Kepala Dinas Pertanian Sri Hastuti Harahap mengatakan, melalui pertemuan ini diinformasikan capaian target kinerja sampai dengan November 2023, diawali dengan evaluasi sumberdaya manusia, disiplin pegawai, identifikasi aset dinas, progres capaian program dan kegiatan dari masing-masing bidang, Kata Kadistan, Minggu (24/12/23).

lanjutnya, untuk target kinerja 2024 dan permasalahan teknis yang masih perlu solusi akselerasi di tahun 2024 khususnya di tingkat lapang.

Masih dikatakan, peningkatan efisiensi dan produktivitas pertanian memerlukan ide dan gagasan pembaharuan yang implementatif bagi masyarakat.

Saat ini peran utama penyuluh tidak cukup hanya mengkomunikasikan inovasi-inovasi pertanian kepada petani, tetapi lebih jauh menciptakan inovasi sebagai solusi permasalahan petani. Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Pertanian telah menyelenggarakan Lomba Inovasi Penyuluh Pertanian Lapang tahun 2023.

Untuk itu, sebagai bentuk apresiasi dan peningkatan motivasi pegawai khususnya PPL dilaksanakan pemberian penghargaan bagi 6 orang penyuluh terinovatif dari 29 inovator yang mengikuti seleksi lomba inovasi penyuluh lingkup Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Tahun 2023.

Adapun para pemenang lomba tersebut adalah :

Juara 1, Asep A. Supiandi, SP dari BPP Curugkembar (Judul SIKUMPAY : Galur Padi Unggul Tahan Blas)

Juara 2, Asep Sundiana, SP dari BPP Jampangkulon (Judul TAMPARAN KEDELAI : Dari Pematang Menuju Hamparan Kedelai)

Juara 3, Miftah Riyadi dari BPP Cibitung (Judul SETAN SANTUN : Sentralisasi Pertanian di Kawasan Puncak Pantun)

Harapan 1, Raka Sukma Wijaya, STP dari BPP Purabaya (Judul SIMTARA : Sistem Informasi Kelompoktani Purabaya)

Harapan 2, Venty Anjasari dari BPP Kebonpedes (Judul JOBTANI : Jumat Online Bareng Petani)

Harapan 3, Into Suandi, SP dari BPP Kabandungan (Judul EKPANSI “APIH SUPER” : Agen Pengendali Hayati Solusi untuk Petani Horti).

Pos terkait