Bahas Keterbukaan Informasi Publik, Diskominfo Kabupaten Grobogan Gelar Rapat Dialog Interaktif


MATANUSA.NET GROBOGAN –

Di era digitalisasi ini, keterbukan informasi dan transparasi menjadi suatu kewajiban yang dijalankan oleh Badan Publik dalam melaksanakan kegiatan pemerintahannya. 

Saat ini, di era keterbukaan informasi tidak bisa dihindari bahwasanya, informasi adalah sebuah energi yang dapat mengakselerasi proses pencerdasan bangsa serta banyaknya berbagai perubahan yang terjadi. Oleh karena itu negara harus hadir dengan semangat keterbukaan informasi dan akuntabilitas.

keterbukaan akan menjadi suatu hal utama badan publik dalam melayani masyarakat. Harus kita perhatikan secara seksama bahwa ke depan keterbukaan informasi bukan saja sebagai kewajiban badan publik, namun akan menjadi sebuah budaya dalam berbangsa dan bernegara karena keterbukaan informasi publik adalah media dalam rangka mewujudkan peningkatan kepercayaan dan dukungan dari masyarakat terhadap pemerintah.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Grobogan mengadakan Rapat Dialog Interaktif  yang dibuka oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Grobogan dan dengan narasumber KPID (Komisi Penyiaran Indonesia Daerah) Provinsi Jawa Tengah, KIP ( Komisi Informasi ) Provinsi Jawa Tengah bertempat di Ruang Rapat Diskominfo Kab. Grobogan, kamis (19/1). 

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh SKPD , lembaga dan Organisasi yang ada di Kabupaten Grobogan.Kegiatan ini bertujuan untuk membahas Dialog Interaktif yang akan dilaksanakan setiap hari Kamis mulai tanggal 27 januari 2023.

Metode publikasi yang baik menjadi instrument terbaik untuk dapat menyampaikan informasi dan mendapat partisipasi masyarakat. Dengan menyusun informasi menggunakan bahasa yang simpel dan komunikatif. Serta melalui informasi yang simpel dan sederhana tersebut, masyarakat yang sudah memahami informasi tersebut akan lebih cenderung memilih untuk melapor karena telah mendapatkan informasi mengenai aspirasinya.

Oleh karenanya Pemerintah Kabupaten Grobogan bersama dengan KPID ( Komisi Penyiaran Daerah ) Provinsi Jawa Tengah, KIP ( Komisi Informasi ) Provinsi Jawa Tengah serta Lembaga / Organisasi di Kabupaten Grobogan diharapkan melalui kegiatan dialog interaktif  ini, masyarakat dapat berinteraksi dan menyampaikan aspirasinya secara langsung serta bisa mendapatkan informasi yang terbaik yang dari Narasumber yang tepat dan bisa dipercaya sehingga bisa menjadi sebuah solusi untuk mengatasi masalah yang ada.

Red/Ari Nugroho