Wabup Iyos Membuka Porsadin ke-7 di Kecamatan Nagrak

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, secara resmi membuka Pekan Olahraga dan Seni antar Diniyah (PORSADIN) ke-7 tahun 2024 tingkat Kecamatan Nagrak, pada Sabtu (18/05). Acara pembukaan berlangsung meriah di Lapang Gumbira, Kecamatan Nagrak.

PORSADIN merupakan ajang tahunan yang bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi santri madrasah diniyah takmiliyah melalui berbagai cabang olahraga dan seni. Acara ini diikuti oleh perwakilan dari 10 desa di Kecamatan Nagrak dengan total 85 Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) yang berpartisipasi. Para peserta akan bersaing dalam PORSADIN tingkat Kabupaten Sukabumi yang dijadwalkan berlangsung pada Juli mendatang.

Selama satu hari penuh, berbagai kompetisi digelar, termasuk tahfidz, cerdas cermat, pidato, MTQ, bulutangkis, dan catur cepat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Iyos Somantri menegaskan pentingnya peran Madrasah Diniyah sebagai lembaga pendidikan Islam dalam mewujudkan visi Sukabumi yang religius.

“Kita ingin menyukseskan visi Kabupaten Sukabumi. Oleh karena itu, Madrasah Diniyah harus disupport untuk mendidik anak-anak agar memiliki akhlakul karimah dan menjadi generasi qurani,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wabup Iyos menekankan bahwa PORSADIN harus menjadi perhatian semua pihak. Ia mengajak lembaga pendidikan keagamaan untuk bersinergi dengan pemerintah daerah.

“Kita wajib berkolaborasi dan bersinergi, sehingga harapan kedepannya mutu pendidik Madrasah Diniyah dapat melahirkan masyarakat unggul dan mumpuni di kemudian hari,” tandasnya.

Acara ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar madrasah dan meningkatkan semangat belajar serta berprestasi di kalangan santri.

Pos terkait