Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Sukabumi: Teguhkan Nilai Persatuan dan Cinta Tanah Air

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Alun-Alun Palabuhanratu, pada Selasa (1/10/2024). Upacara tersebut dipimpin oleh Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Kav Andhi Ardana Valeriandra.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober ini mengingatkan kembali pada peristiwa bersejarah G30S PKI yang menyebabkan gugurnya 6 jenderal dan 1 perwira TNI AD pada malam 30 September hingga 1 Oktober 1965.

Usai upacara, Letkol Kav Andhi Ardana Valeriandra mengajak generasi muda untuk menjaga persatuan bangsa. “Sebagai generasi penerus, saya merasa bangga terhadap Pancasila yang telah dirumuskan oleh para pendahulu kita,” jelasnya.

Ia menekankan pentingnya generasi muda menanamkan rasa cinta tanah air dan tali persaudaraan. Menurutnya, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini harus menjadi momentum untuk melestarikan dan mengembangkan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H. Ade Suryaman, menambahkan bahwa nilai-nilai Pancasila, seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan, harus terus digemakan oleh generasi muda sebagai dasar menjaga persatuan bangsa.

“Persatuan kita harus terus dipertahankan dengan mengedepankan 5 dasar Pancasila,” tambahnya singkat.

Pos terkait