Pj Wali Kota Sukabumi Tutup Pelatihan Kewirausahaan bagi Pelaku UMKM

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, menghadiri penutupan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kota Sukabumi di Hotel Balcony, pada Kamis (19/9/2024).

Dalam sambutannya, Kusmana menekankan pentingnya pelatihan ini sebagai bagian dari upaya pengembangan dan pemberdayaan UMKM di Kota Sukabumi. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha memahami cara mengidentifikasi peluang bisnis, mengelola risiko, serta mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

“Pelatihan kewirausahaan juga memberikan wawasan tentang pengelolaan sumber daya, seperti keuangan, waktu, dan tenaga kerja,” ujar Kusmana.

Lebih lanjut, Kusmana menjelaskan bahwa pengetahuan yang cukup sangat diperlukan bagi seorang wirausahawan agar usaha yang dijalankan dapat berjalan lancar dan mampu mengatasi berbagai permasalahan. Ia juga menambahkan bahwa kewirausahaan memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi, baik di tingkat daerah maupun nasional,” tambahnya.

Selain itu, Kusmana menyebutkan beberapa karakteristik penting yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha, seperti disiplin, kejujuran, kemandirian, inovatif, serta komitmen yang tinggi. Ia berharap peserta pelatihan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan, kreativitas, dan inovasi dalam menjalankan usaha mereka,” terangnya.

“Dari kegiatan ini, saya harapkan para peserta bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kemampuan, kreativitas, kerja keras, dan inovasi dalam berusaha,” tandas Kusmana.

Pos terkait