Kebakaran Gedung Bakamla RI, Api Diduga Berasal dari Lantai 6

Kebakaran Gedung Bakamla RI di Menteng, Diduga Dipicu Korsleting Listrik di Lantai 6. (Foto: Ist).

Matanusa, Jakarta – Kebakaran melanda gedung Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Minggu pagi (29/9/2024). Kepala Bakamla, Laksamana Madya TNI Irvansyah, menyatakan bahwa api diduga berasal dari lantai 6 gedung, tepatnya dari kantor Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) yang sedang dalam tahap renovasi.

“Kebakaran diduga bermula dari lantai 6 (kantor Komnas Perempuan) yang sedang dalam proses renovasi,” ungkap Irvansyah saat dihubungi oleh detikcom. Berdasarkan dugaan awal, penyebab kebakaran adalah korsleting listrik yang terjadi di lantai tersebut.

Gedung Bakamla yang juga ditempati oleh Yayasan Bung Karno mengalami kerusakan akibat kebakaran tersebut. Irvansyah menjelaskan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan inventarisasi terhadap dampak kerusakan yang diakibatkan oleh insiden tersebut.

“Dampak kebakaran sedang diinventarisir. Di gedung tersebut, selain Bakamla, juga terdapat kantor Yayasan Bung Karno,” tambahnya.

Polisi dan petugas pemadam kebakaran langsung dikerahkan ke lokasi untuk menangani situasi. Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro, menyatakan bahwa tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam insiden ini. Gedung Bakamla sendiri tengah kosong karena libur akhir pekan, sehingga hanya ada 16 tukang yang bekerja di lokasi renovasi saat kebakaran terjadi.

“Korban jiwa nihil. Gedung sedang kosong karena hari libur. Saat kejadian, hanya ada 16 tukang yang tengah melakukan renovasi di kantor Komnas Perempuan,” ungkap Susatyo kepada wartawan.

Saat ini, pihak kepolisian sedang memeriksa para pekerja yang berada di lokasi untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab kebakaran. Sementara itu, petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api sebelum menyebar lebih luas ke bagian gedung lainnya.

“Kami masih menyelidiki lebih lanjut, dan para pekerja yang berada di lokasi saat kejadian akan diperiksa. Dugaan awal kebakaran ini dipicu oleh korsleting listrik,” pungkas Susatyo.

Peristiwa kebakaran ini menimbulkan kepanikan di sekitar kawasan Menteng, namun beruntung api bisa dipadamkan dengan cepat oleh petugas. Saat ini, polisi masih memasang garis pembatas di lokasi untuk keperluan investigasi lebih lanjut.

Pos terkait