Wabup Iyos Pimpin Upacara Pemberian Remisi HUT ke-79 RI di Lapas Warungkiara

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam acara pemberian remisi dan penyerahan keputusan Menteri Hukum dan HAM RI, dalam rangka Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Sukabumi. Upacara ini berlangsung di Lapas Kelas II B Warungkiara, Kecamatan Warungkiara, pada Sabtu (17/08/2024).

Dalam amanat yang disampaikan, Wabup Iyos membacakan pesan dari Menteri Hukum dan HAM RI. Beliau menekankan bahwa tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju” bukan sekadar kalimat retoris, tetapi penuh makna yang mendalam. Tema ini adalah seruan untuk membangun fondasi yang kokoh bagi masa depan bangsa, di mana setiap elemen masyarakat harus berperan aktif dalam mencapai kemajuan.

Selain membacakan amanat, Wabup juga menyampaikan pesan khusus kepada para warga binaan untuk sabar menjalani masa pidana dan mengikuti segala bentuk pembinaan yang ada. “Saya, sebagai Wakil Pemerintah Kabupaten Sukabumi, mengucapkan selamat atas pengurangan masa pidana yang diperoleh. Semoga ketika kembali ke masyarakat, Anda semua dapat menjalani kehidupan yang lebih baik,” ujar Wabup.

Sebanyak 953 warga binaan Lapas Kelas II B Warungkiara mendapatkan remisi dalam kesempatan ini. Selain itu, Pemkab Sukabumi juga memberikan dukungan dan kadeudeuh bagi 6 warga binaan yang langsung bebas pada hari ini. Wabup berharap agar keenam warga binaan yang bebas setelah mendapatkan remisi ini dapat kembali bergabung dan berbaur dengan masyarakat di lingkungan masing-masing,” terangnya.

Di akhir acara, Wakil Bupati menyerahkan kadeudeuh dan bingkisan dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi kepada enam warga binaan yang mendapatkan Remisi Umum II, yang berarti mereka langsung bebas. Tak hanya itu, beliau juga menyerahkan sarana olahraga dari Pemkab Sukabumi, yang diterima langsung oleh Kepala Lapas Kelas II B Warungkiara, Sukabumi,” pungkasnya.

Acara tersebut berlangsung khidmat dan penuh haru, sebagai bagian dari semangat memperingati Hari Kemerdekaan yang ke-79 Republik Indonesia.

Pos terkait