HJKS ke-154: Sekda Ade Hadiri Istighosah Qubro di Alun-Alun Masjid Alhurriyah Cicurug

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi menyelenggarakan Istigosah Qubro sebagai rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi yang ke-154. Acara tersebut berlangsung di Alun-Alun Mesjid Besar Alhurriyah Cicurug, pada Selasa (27/08/2024), dengan dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra), Wawan Setiawan, menjelaskan bahwa tujuan utama dari Istigosah ini adalah untuk menyebarkan syiar Islam serta sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi dan Hari Kemerdekaan Indonesia. “Semoga dengan adanya Istigosah Qubro ini, Allah SWT selalu melindungi dan menjaga warga dari marabahaya sehingga Sukabumi akan sejahtera lahir dan batin,” ungkap Wawan.

Dalam sambutannya, Sekda Ade Suryaman menekankan pentingnya sinergi antara ulama, umaro, dan masyarakat untuk mewujudkan pembangunan yang lebih baik di Kabupaten Sukabumi. Ia menegaskan bahwa keyakinan mayoritas masyarakat yang beragama Islam dapat menjadi dorongan kuat untuk mencapai misi pertama Kabupaten Sukabumi, yaitu membangun sumber daya manusia yang beriman, berbudaya, dan berdaya saing. “Hal ini juga menjadi media untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara positif dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang kita harapkan ke depan,” jelasnya.

Sekda juga menambahkan bahwa Tabligh Akbar ini merupakan bentuk ikhtiar dalam menyebarkan syiar Islam, sekaligus sebagai momentum untuk mempererat silaturahmi, persaudaraan, persatuan, dan kesatuan. Selain itu, acara ini juga menjadi sarana untuk membangun komunikasi, spiritual, dan sosial di masyarakat. “Saya berharap kita semua dapat bersinergi dan memperkuat pemberdayaan masyarakat, baik dalam bidang keagamaan, pendidikan, ekonomi, maupun sosial kemasyarakatan,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Sukabumi secara simbolis menyerahkan paket sembako dari BAZNAS kepada dua orang perwakilan kaum dhuafa, serta memberikan piagam penghargaan dan plakat kepada Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Cicurug.

Pos terkait