PJ Wali Kota Sukabumi Serukan Pentingnya Kewirausahaan di Seminar Nasional UMMI

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, menjadi keynote speaker dalam Seminar Nasional Kewirausahaan yang bertema “Membangun Kolaborasi dan Jejaring Kemitraan di Dunia Kewirausahaan”. Acara tersebut berlangsung di Auditorium Kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), pada Kamis (25/7/2024). Seminar ini diselenggarakan oleh HIMA Administrasi Bisnis FIS UMMI dan diikuti oleh puluhan mahasiswa.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Ombudsman Republik Indonesia, Mokhammad Najih, Wakil Rektor UMMI, Andri Moewasih, Wakil Rektor Ikopin University, Dr. Ir. Indra Fahmi, Kepala Biro AP 4 Ombudsman RI, Syahrul Bayan, dan Pengurus JIMPI Kota Sukabumi, Ghiffary Shadira Putra.

Dalam kesempatan tersebut, Kusmana menyampaikan beberapa catatan penting terkait entrepreneurship. Ia menekankan bahwa hasil studi empiris menunjukkan semakin tinggi rasio jumlah pengusaha di suatu negara, semakin maju dan sejahtera negara tersebut. “Kita tentunya merasa prihatin sebab jiwa entrepreneurship bangsa kita tidaklah menggembirakan. Dewasa ini kita hanya memiliki sekitar 1,67 persen dari seluruh jumlah penduduk Indonesia,” ujar Kusmana.

Menurut Kusmana, berdasarkan catatan Ir. Ciputra, seorang wirausahawan terkemuka, minimal diperlukan 2 persen entrepreneur dari keseluruhan jumlah penduduk agar sebuah bangsa dapat maju dan sejahtera.

Kusmana menyambut baik pelaksanaan Seminar Nasional Kewirausahaan oleh HIMABSI UMMI Sukabumi. Ia berharap seminar ini dapat menggali dan memberikan informasi yang komprehensif tentang dunia kewirausahaan sehingga mampu mendorong minat mahasiswa untuk terjun langsung dalam dunia wirausaha.

“Jiwa kewirausahaan tidak bisa timbul begitu saja, tetapi harus melalui pelatihan dan penggemblengan yang intensif sejak dini. Banyak pengusaha-pengusaha hebat Indonesia awalnya merupakan aktivis kewirausahaan di kampusnya masing-masing,” kata Kusmana.

Ia berharap seminar ini menjadi inspirasi sekaligus titik balik bagi mahasiswa untuk menekuni dunia usaha. “Kita tentunya akan merasa bangga bila lima tahun, sepuluh tahun atau dua puluh tahun dari sekarang akan muncul pengusaha-pengusaha sukses dari Kampus UMMI ini.”

Kusmana juga menyampaikan apresiasinya kepada para narasumber dalam seminar ini. “Apresiasi yang tinggi saya sampaikan kepada para Narasumber Hebat dalam seminar ini. Dari mereka kita bisa belajar banyak tentang kewirausahaan. Semoga ilmunya benar-benar bermanfaat dan kita manfaatkan sebaik mungkin,” tandasnya.

Pos terkait