Pemkot Sukabumi Bahas Inflasi dan Harga Komoditas dalam Rakor Mingguan Kemendagri

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Pemerintah Kota Sukabumi kembali mengikuti Video Conference (Vidcon) dalam rangka Rapat Koordinasi Mingguan yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), pada Senin (27/05/24).

Rapat yang dilaksanakan di Ruang Zoom Meeting Bidang Ekonomi ini dihadiri oleh Penjabat (PJ) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji, didampingi oleh Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi Nuraeni. Turut hadir pula Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi serta Kepala Bagian Perekonomian.

Rapat koordinasi tersebut membahas tinjauan inflasi dan Indeks Perkembangan Harga (IPH) pada minggu ke-4 di bulan Mei 2024. Deputi Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik, Pudji Ismartini, menyampaikan materi terkait.

Berdasarkan data SP2KP yang dicatat pada tanggal 20 sampai dengan 22 Mei 2024, secara nasional jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan IPH pada minggu ke-4 mengalami penurunan dibandingkan minggu sebelumnya. Sebaliknya, jumlah kabupaten/kota yang mengalami penurunan IPH bertambah.

Dari pemantauan harga hingga minggu keempat bulan Mei 2024, perbandingan harga beberapa komoditas pangan antara bulan Mei dengan April 2024 cenderung tetap dengan sedikit fluktuasi.

Jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan harga komoditas tidak berubah banyak dari minggu ke minggu di bulan Mei ini. Namun, perbandingan harga bawang merah dan cabai merah antara bulan Mei dengan April menunjukkan potensi inflasi dari kedua komoditas tersebut. Meskipun demikian, terdapat tren penurunan harga dari minggu ke minggu di bulan Mei 2024.

Rapat ini diharapkan mampu memberikan gambaran jelas mengenai kondisi inflasi dan perkembangan harga komoditas, sehingga pemerintah daerah dapat mengambil langkah-langkah strategis dalam menjaga stabilitas ekonomi di wilayah masing-masing.

Pos terkait