Terapkan One Way: Arus Lalu Lintas Jalur Puncak Dialihkan ke Arah Jakarta

Arus Lalu Lintas Jalur Puncak Diberlakukan One Way Arah Jakarta. (Foto: Ist).

Matanusa, Bogor – Pada siang hari ini, arus lalu lintas di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, diberlakukan sistem one way arah Jakarta. Kendaraan yang hendak menuju Puncak untuk sementara waktu tidak dapat melintas.

Saat ini, pantauan MNC Portal di Simpang Gadog menunjukkan penerapan sistem satu arah menuju Jakarta telah dimulai sejak pukul 11.00 WIB. Polisi telah dikerahkan untuk mengatur arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak, baik melalui Tol Jagorawi maupun jalur arteri Simpang Ciawi.

“Kita mempercepat proses one way ke bawah (Jakarta), dengan tujuan untuk mengurangi volume arus lalu lintas yang menuju ke atas ke kawasan wisata Puncak,” kata Wadirlantas Polda Jawa Barat, AKBP Edwin Afandi, pada Sabtu (13/04).

Edwin menambahkan bahwa penerapan one way bagi kendaraan dari arah Jakarta menuju kawasan wisata Puncak tidak dapat berlangsung terlalu lama, mengingat volume kendaraan yang turun dari Puncak menuju Jakarta sangatlah besar.

“Sehingga fasilitas one way yang kita berikan untuk kendaraan-kendaraan yang akan naik ke atas (Puncak) tidak dapat diberikan dalam waktu yang lama, sekitar dari jam 08.00 WIB sampai jam 10.00 WIB, hanya 2 jam, karena jumlah kendaraan yang dari atas menuju ke bawah (Jakarta) juga sangat banyak,” jelasnya.

Diperkirakan, volume kendaraan yang melintasi Jalur Puncak akan terus meningkat, terutama dengan adanya pertemuan arus wisata bersamaan dengan arus balik mudik Lebaran.

“Kami memprediksi bahwa jumlah kendaraan hari ini dan besok akan terus meningkat, jadi bukan hari ini puncaknya, besok akan ada peningkatan volume arus lalu lintas yang dari bawah menuju ke atas,” tutupnya.

Pos terkait