Peringati Hari Otonomi Daerah ke 28, Kota Sukabumi Dorong Pembangunan Berkelanjutan

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-28 diperingati dengan penuh semangat di Kota Sukabumi. Pada peringatan yang dilaksanakan di halaman Setda Kota Sukabumi pada (25/04), Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dida Sembada, memimpin apel yang dihadiri oleh seluruh jajaran pemerintah daerah.

Dengan tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat”, peringatan ini menandai komitmen kuat untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal.

“Komitmen, tanggung jawab, dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal,” ujar Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dida Sembada, dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, Dida Sembada juga mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Otonomi daerah, sebagai upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah, telah membawa berbagai terobosan kebijakan yang bernilai manfaat. Menurut Dida Sembada, perjalanan Otda telah mencapai tahap kematangan untuk melahirkan berbagai terobosan kebijakan bernilai manfaat dalam identifikasi dan perencanaan wilayah-wilayah yang berpotensi dikembangkan secara terintegrasi.

Pengembangan wilayah di Kota Sukabumi juga menunjukkan adanya aglomerasi kegiatan perekonomian dan terhubung antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Implementasi pengembangan wilayah perlu dilakukan melalui pendekatan kebijakan yang berkelanjutan dan implementasi regulasi Ekonomi Hijau, di mana penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pertumbuhan ekonomi dilakukan dengan memperhitungkan aspek keadilan sosial dan pelestarian lingkungan.

Pos terkait