Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Sukabumi: Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif

Foto. Doc. Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Pemerintah Kota Sukabumi, melalui Dinas Lingkungan Hidup, memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 dengan tema “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif” di Lapang Apel Setda Kota Sukabumi, pada Jumat (01/03/24).

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, dalam arahannya menyatakan bahwa HPSN menjadi kesempatan penting dalam pengelolaan sampah berkelanjutan. “Sampah harus menjadi bahan baku dan bernilai ekonomis,” ujar Kusmana Hartadji.

Pj. Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, menjelaskan bahwa Kota Sukabumi menghasilkan sekitar 184,41 ton sampah per hari, dengan perbandingan antara sampah organik dan anorganik sebesar 6:4. Masyarakat diimbau untuk memilah sampah agar yang masuk ke TPA Cikundul adalah residu sampah.

HPSN diperingati setiap tanggal 21 Februari untuk mengenang tragedi Leuwigajah pada 21 Februari 2005 yang merenggut 157 jiwa. Indonesia, sebagai penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia, membutuhkan upaya bersama dalam mengelola sampah untuk melindungi lingkungan.

Kusmana Hartadji mendorong masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik berlebihan dan beralih ke kantong mudah terurai. “Mari jadikan sampah sebagai bahan baku daur ulang, awali dari lingkungan terkecil hingga masyarakat,” ajaknya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada pemenang lomba. Sukabumi Cling meraih Juara 1, Gerakan Teman Team 2 Juara 2, dan Gerakan Teman Team 1 Juara 3. Masing-masing meraih piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Setelah apel peringatan HPSN 2024, peserta apel melakukan aksi kebersihan sepanjang Jalan Ir. H. Juanda, Zaenal Zakse, Jl. A. Yani, Jl. Perintis, Jl. Suryakencana, Jl. R. Syamsudin, dan kembali ke Balai Kota Sukabumi.

Pos terkait