Menteri PUPR Tinjau Progres Pembangunan IPA Sepaku di Kalimantan Timur

Foto: Doc. Dokpim.

Matanusa, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, melakukan peninjauan langsung terhadap pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Jumat (29/02).

IPA Sepaku, sebagai sumber air minum utama untuk kawasan Kawasan Ekonomi Khusus (IKN), menjadi fokus utama pemerintah. Menteri Basuki memberikan pesan agar proyek ini selesai tepat waktu dan memiliki kualitas terbaik, dengan target beroperasi pada Juni 2024.

Dengan kapasitas sebesar 300 liter per detik, IPA Sepaku menggunakan air dari Intake Sungai Sepaku. Saat ini, progres pembangunan telah mencapai 44%. IPA ini dilengkapi dengan unit pengolahan air, seperti sedimentasi, koagulasi-flokulasi, dan filtrasi ozon. Selain itu, terdapat dua reservoir induk dengan kapasitas masing-masing 6.000 m3.

Diana Kusumastuti, Direktur Jenderal Cipta Karya, menjelaskan bahwa jaringan pipa distribusi utama dan pembagi ke Kawasan Industri Khusus (KIPP) IKN tahap pertama juga sudah mulai terpasang, dengan progres mencapai 56%, proyek ini menjadi langkah strategis untuk memastikan pasokan air yang memadai bagi perkembangan IKN,” tandasnya.

Pos terkait