Disnak Melalui UPTD Wilayah III Gelar Percepatan Vaksinasi PMK dan KIE PMK

Caption : Warsim Kepala UPT Peternakan Wilayah III, bersama Tim dalam giat Vaksinasi PMK dan KIE di Kalapanunggal. (Foto : D2)

Matanusa, SukabumiDinas Peternakan Kabupaten Sukabumi melalui UPTD Wilayah III, melaksanakan kegiatan percepatan vaksinasi PMK dan KIE PMK di wilayah Cicurug – Kalapanunggal Sukabumi. Gelar pelaksanaan berlangsung 4 hari, dimulai 4 – 8 maret 2024 dengan target 2000 dosis.

Kepala UPTD Peternakan Wilayah III, Warsim, SPt menyampaikan, bahwa pelaksanaan ini dalam bentuk dua sesi, pertama melaksanakan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) PMK serta memberikan pengobatan dan suportif terapi dalam rangka pencegahan dan pengendalian PMK, kata Warsim SPT, MSi, Rabu (6/3/24).

Hari ini pelaksanaan kegiatan di wilayah Kalapanunggal, tepatnya di kelompok ternak domba, kambing, sapi dan kerbau, milik kelompok tani Raksamala, Desa Pulosari, Kecamatan Kalapanunggal.

Dalam pelaksanaan tersebut, didampingi petugas teknis kesehatan pada Dinas dan UPTD Peternakan Kabupaten Sukabumi.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pendataan ternak secara door to door, yang berisiko tertular PMK. 

Lanjutnya, “untuk sistem pemeliharaan masih ekstensif atau diliarkan di kebun-kebun tanpa kandang, sehingga perlu upaya maksimal untuk handling/penanganan sapi dan kerbau tersebut, ungkapnya.”

Perlu upaya maksimal dari kita bersama dengan melibatkan semua sumber daya yang ada agar pencegahan dan pengendalian PMK dapat dilakukan secara cepat dan terintegrasi, jelasnya.

Pos terkait