Pelatihan Public Speaking Tingkatkan Kompetensi Kader PKK di Kota Sukabumi

Foto: Doc. Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Penjabat Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Sukabumi, Diana Rahesti, menghadiri pelatihan Public Speaking yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Bank BJB, pada Senin (19/2/2024). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kader dan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di tengah era keterbukaan informasi publik.

Pemateri dalam pelatihan ini adalah Kang Zae Hanan, seorang Motivator Nasional dan Founder Rumah Seni. Diana Rahesti menyampaikan bahwa kemampuan berbicara secara efektif di depan umum adalah keterampilan yang penting, terutama di zaman informasi saat ini.

“Belum tentu semua orang mampu berbicara dengan cara yang tepat di waktu yang tepat dan pada orang yang tepat,” ujar Diana Rahesti.

Diana menekankan bahwa berbicara bukan hanya sekedar mengeluarkan kata-kata atau perasaan, melainkan sebuah proses dan seni penyampaian informasi dan gagasan. Dalam konteks Public Speaking, faktor bahasa yang runtut, logis, dan jelas menjadi krusial untuk menghindari penafsiran yang berbeda.

“Komunikasi yang efektif juga dipengaruhi oleh ekspresi tubuh saat berbicara. Pesan yang disampaikan tanpa didukung oleh ekspresi tubuh yang benar dapat disalahartikan oleh audiens,” jelasnya.

Dalam konteks PKK, kemampuan Public Speaking dianggap sangat penting untuk menjalankan tugas dan pelayanan umum. Publik Speaking menjadi sarana efektif untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat atau organisasi dengan cara yang terstruktur dan terukur.

“PKK dituntut untuk menguasai Public Speaking guna meningkatkan potensi diri dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tambah Diana Rahesti. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan bekal kepada pengurus PKK, baik ketua maupun anggotanya, agar dapat berkomunikasi secara profesional dan efektif dalam menjalankan tugas mereka.

Pos terkait