Ciptakan Identitas Kota Sukabumi, Nama Talk With Dekranasda Persembahkan Lomba Desain Batik

Foto: Doc. Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Penjabat (PJ) Ketua Dekranasda Kota Sukabumi, Diana Rahesti, hadir dalam acara “NAMA TALK with DEKRANASDA KOTA SUKABUMI” di Nama Coffe pada Senin (5/2/2024). Dalam acara ini, disosialisasikan Lomba Desain Batik sebagai bagian rangkaian HUT Kota Sukabumi ke-110.

Diana Rahesti menjelaskan bahwa Dekranasda merupakan wadah dewan kerajinan nasional daerah yang menghimpun kerajinan khususnya di Kota Sukabumi. Tujuan lomba batik ini adalah menciptakan identitas kota dalam menyambut HUTnya yang ke-110.

“Lomba batik ini tidak hanya untuk ASN, tetapi juga terbuka bagi masyarakat umum. Motif batik harus bersumber dari kearifan lokal Sukabumi dan tidak boleh plagiat,” ujarnya. Lomba ini menawarkan uang pembinaan sebesar 20 juta rupiah, piala Walikota, dan piala Dekranasda sebagai benefit bagi para peserta.

Dekranasda juga memiliki rencana jangka panjang untuk menjadi sentra batik dan batik galeri. “Hal ini bertujuan untuk menampilkan karya-karya pengrajin dari Kota Sukabumi dan sekitarnya serta memberikan kesempatan bagi para pengrajin untuk ikut serta dalam pameran-pameran,” tambahnya.

Pos terkait