Empat Bakal Calon Pilkades PAW Caringin Ikuti Uji Kompetensi

MATANUSA.NET – SUKABUMI, Bakal Calon Kepala Desa Caringin, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi mengikuti Uji Kompetensi dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Penggantian Antar Waktu (PAW), di Aula Gedung Kecamatan. Jumat (28/4/2023). 

Sedikitnya empat bakal calon mengikuti kegiatan tersebut sebelum masuk ke puncak pemilihan pilkades yang bakal berlangsung 7 Mei 2023 mendatang. 

“Hari ini kami melakukan rangkaian uji kompetensi sebelum masuk rangkaian puncak pilkades. Alhamdulillah, kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar,” ujar Siti Fatimah Ketua Panitia Pilkades PAW Desa Caringin. 

Ia menjelaskan, dalam rangkaian uji kompetensi ini, berbagai pertanyaan di lontarkan oleh panitia. Antara lain mengenai Pendidikan, Usia, Riwayat atau Pengalaman Kerja, Test Tulis, hingga Tes Wawancara. 

“Masing-masing bakal calon memiliki kekurangan dan keunggulan hanya saja akumulasi nilainya yang beda, ada yang unggul di tes tulis tapi kurang di tes wawancara begitu juga sebaliknya,” terangnya. 

Ia merinci, ada lima penilaian yaitu Pendidikan dengan nilai 20 persen, Usia dengan nilai 5 persen, Riwayat atau Pengalaman Kerja dengan nilai 20 persen, Test Tulis dengan nilai 30 persen dan Tes Wawancara dengan nilai 25 persen. 

Adapun hasil tes uji kompetensi tersebut menghasilkan nilai sebagai berikut, Sarifudin 58,7 persen, Parid Rudin 54,9 persen, Rina Sulastri 53,95 persen, dan Ade Taofiq 52,80 persen. 

“Uji kompetensi ini langsung mendatangkan tim penguji dari STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi yaitu Ade Fahrudin dan Syubanuddin Murom. Sehinga penilaiannya berjalan sukses tanpa ekses sampai dengan selesai,” tandasnya. 

Diketahui, puncak perhelatan pilkades paw ini bakal di gelar pada Minggu 7 Mei 2023 di Gor Desa Caringin dengan jumlah yang disepakati bersama sebanyak 67 orang pemilih.

BERY/R Iyan