Pj Wali Kota Sukabumi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 yang dilaksanakan di Plaza Balai Kota Sukabumi, pada Selasa (1/10/2024.). Upacara ini merupakan bagian dari peringatan nasional yang diadakan setiap tanggal 1 Oktober di Indonesia.

Hadir dalam upacara tersebut beberapa tokoh penting seperti Ketua TP-PKK Kota Sukabumi Diana Rahesti, Ketua DPRD Kota Sukabumi Wawan Juanda, Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Yudhi Hariyanto, perwakilan dari Polres Sukabumi Kota, Pj Sekda Kota Sukabumi Hasan Asari, serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Kusmana Hartadji bertindak sebagai pembina upacara dan membacakan Ikrar Kesaktian Pancasila 2024, sejalan dengan tema upacara tahun ini, yaitu “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas.”

“Bahwa sejak diproklamasikannya Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945, telah terjadi banyak rongrongan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Kusmana dalam ikrarnya.

Ia juga menegaskan bahwa rongrongan terhadap Pancasila ini dimungkinkan karena kelengahan dan kekurangwaspadaan bangsa terhadap upaya-upaya yang ingin menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Namun, dengan semangat kebersamaan yang berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila, Indonesia tetap mampu memperkokoh keutuhan NKRI.

“Maka, di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila ini, kami membulatkan tekad untuk terus mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, guna menggalang kebersamaan dalam memperjuangkan, menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutup Kusmana Hartadji.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diharapkan dapat semakin memperkokoh semangat kebangsaan dan persatuan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih kuat dan maju.

Pos terkait