Bupati Sukabumi Hadiri Launching Komunitas Tilawah Tiga Puluh Juz Pelajar

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, menghadiri acara Launching Komunitas Tilawah Tiga Puluh Juz (KTT) Pelajar yang berlangsung di Masjid Besar Al Hurriyah Cicurug, pada Selasa (27/08/2024).

Acara ini diselenggarakan oleh KTT yang telah dirintis sejak tahun 2017, dengan dukungan dari regulasi Instruksi Bupati Sukabumi pada tahun 2019. Ketua penyelenggara, H. Ujang Syarief Hidayat, menjelaskan bahwa tujuan dari KTT ini adalah untuk membina generasi muda, khususnya pelajar, menuju generasi emas 2045. Selain itu, KTT juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta pada Al-Qur’an dan membentuk insan yang berakhlakul karimah.

“Acara KTT ini diikuti oleh sekitar 330 peserta yang masing-masing mewakili empat Sub Rayon: Sukaraja, Cisaat, Cibadak, dan Cicurug,” jelas Ujang.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sukabumi mengukuhkan pengurus KTT Pelajar dan secara simbolis memasangkan jas kepada Kadis Pendidikan sebagai pembina KTT Pelajar Kabupaten Sukabumi.

Bupati Marwan Hamami menegaskan bahwa kegiatan seperti ini memiliki efek ganda yang sangat potensial dalam menyebarkan syiar Islam, serta sangat baik untuk membina mental spiritual umat. Kegiatan ini juga mendorong motivasi para pelajar agar gemar membaca Al-Qur’an, menuntut ilmu, serta berinfak dan bersedekah.

“Acara ini sangat tepat untuk menjalin ukhuwah Islamiyah di kalangan masyarakat dan pelajar dengan ulama dan umaro. Saya yakin ikhtiar ini dapat mendorong terciptanya kehidupan yang rukun dan damai di masyarakat sekaligus menguatkan upaya bersama untuk mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang religius dan mubarokah,” ujar Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menambahkan bahwa keberhasilan acara launching KTT Pelajar ini tidak akan tercapai tanpa sinergi dan kolaborasi yang telah dibangun oleh KTT Kabupaten Sukabumi.

“Keberadaan Komunitas Tilawah Tiga Puluh Juz Pelajar ini harus kita jadikan sebagai momentum untuk melanjutkan kebaikan dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan sehingga menguatkan terciptanya kehidupan religius di Kabupaten Sukabumi,” tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyambut baik adanya launching KTT Pelajar ini karena diyakini dapat membangun Sumber Daya Manusia Kabupaten Sukabumi yang unggul dan berakhlak mulia.

“Perlu saya ingatkan kembali bahwa pembinaan dan pendidikan karakter bukanlah tugas yang bisa dilakukan sendirian. Diperlukan kerjasama yang solid,” pungkas Bupati.

Acara diakhiri dengan pembacaan Surat Al-Fatihah serta penulisan QS. Al-Fatihah yang diawali oleh Bupati Sukabumi dan para pelajar.

Pos terkait