Peringati HUT SMK Dwi Darma ke 30, Ikabasda LSM Dampal Jurig dan TNGHS Tanam 1000 Pohon di Kaki Gunung Halimun Salak

Redaksi/D2

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Berlokasi Di Kawasan Tresna Jaya Camp Cidahu Kabupaten Sukabumi, Para Alumni SMK Dwi Darma/Ikatan keluarga besar alumni dwi darma (Ikabasda) berkolaborasi Dengan Lembaga Swadaya Masyarakat Dampit Peduli Lingkungan Jurang Rimba Gunung (Lsm Dampal Jurig), serta Resort Kawah Ratu Taman Nasional Gunung Halimun Salak TNGHS melaksanakan penanaman 1000 Pohon.

Berdasarkan informasi, kegiatan ini dalam Rangkaian Hari Ulang tahun SMK Dwi Darma Yang Ke 30 Tahun 2023.

Seperti diketahui, kegiatan sosial ini sebagai bakti lingkungan hidup, berupa penanaman 1000 pohon dikanan kiri sungai Cicatih, lahan kosong rawan longsor di kaki gunung halaman salak wilayah desa Cidahu kecamatan Cidahu, Minggu (2/7/23).

Ketua LSM Dampal Jurig Irvan Azis menyampaikan, kegiatan ini sebagai wujud kegiatan sosial pecinta alam dalam menjaga lingkungan alam sekitar. Dan kali ini dilaksanakan di wilayah Cidahu Sukabumi, ucap Azis.

Adapun jenis pohon yang ditanam secara simbolis tadi siang dari jenis tanaman endemik seperti Puspa dan Rasamala, insya Allah Jumlah pohon yang akan ditanam sebanyak 1000 pohon secara bertahap, tuturnya.

Saya selaku Ketum Lsm Dampal Jurig menyambut baik dengan terselenggaranya acara ini karena salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup dan konservasi alam, yang ditujukan oleh berbagai komunitas karena bicara lingkungan hidup itu adalah tanggung jawab mahluk hidup yang ada bumi.

Ditambahkan, menurutnya bukan seberapa banyak pohon yang kita tanam tapi kepedulian kita untuk menyelamatkan lingkungan hidup demi diwariskan kepada anak cucu kita kelak, pungkasnya.

Sementara, kang Ivan Sudrajat selaku bagian dari kepanitiaan acara mengucapkan terima kasih dengan support motivasi dan kerjasama dengan Lsm Dampal Jurig Jabar dan pihak resort. Semoga kedepannya lebih ditingkatkan kembali dalam berbagai hal, kata Ivan.

Masih dikatakan Ivan, selain acara diatas diadakan pula acara bakti sosial berupa pembagian santunan untuk anak yatim janda Jompo serta tabligh Akbar dengan ditutup hiburan band.

Senada, Gungun selaku Kepala Resort TNGHS sangat respek dan memandang positif dengan apa yang dilakukan, pasalnya kegiatan ini menjaga ekosistem dan kelestarian alam, tentunya ini adalah tanggung jawab bersama terlebih kawasannya ada salah satu penyangga sumber mata air untuk wilayah Cidahu Cicurug dan sekitarnya, ringkasnya.

Pada kesempatan acara dihadiri, Ketua LSM Dampal Jurig Irvan Azis, Gungun Karest kawah ratu TNGHS, Ivan Sudrajat sebagai perwakilan panitia pelaksana, serta dari unsur Muspika Kecamatan Cidahu diwakili oleh Kasie Trantib Heppi Supriadi, Danramil Cidahu, Majelis Dakwah Islamiah MDI Kabupaten Sukabumi, dan lainya.