Syukuran Nelayan Desa Ciwaru Ke-67 di Pantai Palangpang Sukabumi

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Ratusan masyarakat menghadiri acara Syukuran Nelayan Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, yang berlangsung di Pantai Palangpang, pada Kamis (04/07/2024). Acara tersebut dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan seni tradisional, termasuk pentas tari jipeng yang dibawakan oleh masyarakat serta siswa PAUD, SD, SMP, dan SMA se-Kecamatan Ciemas.

Acara yang mengusung tema “Dengan Syukuran Nelayan Desa Ciwaru ke-67, Mari Kita Jaga dan Lestarikan Situs Budaya dan Alam Geopark Ciletuh, Lanjutkan Kebaikan, Jaga Kekompakan, Bersama Kita Bisa” tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Ahmad Samsul Bahri.

Dalam kesempatan itu, Ahmad Samsul Bahri membacakan sambutan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, yang menyampaikan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki hasil laut yang diterima nelayan Ciwaru. “Mudah-mudahan menjadi berkah dan semoga pendapatan para nelayan terus meningkat dan menyejahterakan,” ujar Bupati dalam sambutannya.

Bupati juga menekankan pentingnya Inpres No. 7 Tahun 2015 tentang percepatan pembangunan industri perikanan sebagai payung hukum bagi Pemda Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan industri perikanan. “Potensi di bidang perikanan harus dikelola dengan cerdas agar bisa bermanfaat penuh bagi seluruh masyarakat,” tambahnya.

Syukuran Nelayan Desa Ciwaru juga dimanfaatkan sebagai sarana promosi Geopark Ciletuh Palabuhanratu agar dapat menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Keberagaman potensi alam dan budaya harus dikembangkan dengan baik. “Kegiatan ini juga harus merangkul pelaku UMKM di wilayah agar semakin dikenal dan meningkatkan daya dan nilai jualnya,” lanjut Bupati.

Melalui sambutan tertulisnya, Bupati Sukabumi juga menyampaikan terima kasih kepada semua unsur terkait yang telah membantu kelancaran kegiatan sehingga berjalan dengan baik. “Harapannya, seluruh komponen masyarakat dan stakeholder dapat bersinergi dengan baik agar visi dan misi Kabupaten Sukabumi, khususnya pemberdayaan masyarakat, dapat terwujud,” tutupnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Sekretaris Dinas Budpora, unsur Bapenda, Forkopimcam Kecamatan Ciemas, Kepala Polairud, Polres Sukabumi, Anggota DPRD, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama, unsur TNI, Kepala Desa Ciwaru, unsur Dinas Pariwisata, Badan Pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu, dan Ketua Himpunan Nelayan Kabupaten Sukabumi.

Pos terkait