TP PKK Kota Sukabumi Gelar Puncak HKG ke-52

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Tim Penggerak (TP) PKK Kota Sukabumi menggelar Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 di halaman Gedung Juang 45, pada Rabu (4/9/2024). Acara tersebut mengusung tema “Bergerak Bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju.”

Acara ini dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, Penjabat Ketua TP-PKK Kota Sukabumi, Diana Rahesti, Pinih Sepuh TP-PKK Kota Sukabumi, Ibu Udin Koswara, serta para Ketua TP-PKK dan kader dari seluruh Kota Sukabumi. Kegiatan ini diawali dengan penayangan sejarah Gerakan PKK di Indonesia.

Dalam sambutannya, Kusmana Hartadji menekankan pentingnya peran Gerakan PKK sebagai wadah bagi kaum wanita untuk mengekspresikan cita-cita, harapan, dan tanggung jawab dalam membawa bangsa menuju arah yang lebih baik. “Apabila dikaji lebih mendalam, peranan kaum wanita sangat dominan dan strategis, terutama dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas,” ujar Kusmana.

Kusmana menuturkan bahwa peran wanita dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dilakukan melalui pendidikan informal di keluarga, dimulai sejak bayi masih dalam kandungan hingga anak mencapai usia dewasa. “Peranan kaum wanita, khususnya para ibu, bukan hanya dalam mengembangkan kecerdasan, tetapi juga membekali mereka dengan pendidikan agama dan budi pekerti luhur,” tambahnya.

Kusmana juga menyoroti kemajuan yang dicapai Kota Sukabumi dalam bidang pendidikan dan kesehatan, yang menurutnya tak lepas dari kontribusi Gerakan PKK. “Keberhasilan dalam bidang pendidikan dan kesehatan ini tentunya dipengaruhi oleh peran serta Gerakan PKK yang sudah mampu melakukan pembinaan berbasis keluarga,” jelasnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk menjadikan pendidikan dan pola hidup sehat sebagai gaya hidup, karena dalam jangka panjang hal ini akan menjadi alat ampuh untuk memutus rantai kemiskinan. “Semoga dengan peringatan HKG PKK ke-52 ini, kita dapat semakin meneguhkan peran dan tanggung jawab kita masing-masing untuk memberikan kontribusi positif bagi bangsa di masa depan,” tutup Kusmana.

Pos terkait