Sinergitas Pembangunan Pajampangan: Bupati Sukabumi Dorong Wisata Dunia dan UMKM Berbasis Geopark

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Sembilan kecamatan di wilayah enam Pajampangan mengadakan rapat koordinasi (rakor) untuk membahas sinergitas kewilayahan terkait pencapaian kinerja pemerintah dan pembangunan di Kabupaten Sukabumi. Acara tersebut berlangsung di Gor Kecamatan Waluran dan dihadiri oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, Sekretaris Daerah H. Ade Suryaman, serta perwakilan Forkopimda, pada Kamis (12/9/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Marwan Hamami menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Sukabumi telah menyusun berbagai program prioritas yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat. Ia juga menyoroti keberhasilan Pemkab Sukabumi dalam memanfaatkan potensi alam wilayah enam Pajampangan sebagai destinasi wisata kelas dunia yang diakui oleh UNESCO.

Selain sektor pariwisata, Bupati Marwan mengungkapkan bahwa sektor pertanian di wilayah ini mulai menarik minat investor luar. Ia juga menekankan pentingnya pemberdayaan masyarakat, terutama perempuan, yang sebelumnya berprofesi sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) untuk menjadi pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). “Dengan keberadaan geopark, kami bisa merubah kebiasaan perempuan di wilayah enam menjadi pengusaha UMKM,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Marwan menambahkan bahwa selain pariwisata dan pertanian, Pemkab Sukabumi terus meningkatkan infrastruktur untuk menunjang kesejahteraan masyarakat. Ia juga menyebutkan bahwa pembangunan jalan tol sesi 2 telah terealisasi dan akan segera dilanjutkan dengan pembangunan tol sesi 3, yaitu jalur Parungkuda-Palabuhanratu,” tambahnya.

Bupati Marwan menyoroti bahwa berbagai upaya pemerintah daerah telah berdampak positif pada indikator makro pembangunan, seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, pendapatan per kapita, dan penurunan tingkat pengangguran. “Kami ingin pembangunan ini benar-benar dirasakan masyarakat,” pungkasnya.

Di akhir acara, Sekretaris Daerah H. Ade Suryaman menyerahkan piagam penghargaan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke-154 kepada Camat Waluran. Selain itu, dilakukan penyerahan administrasi kependudukan (adminduk) pemula dan pemberian doorprize kepada Desa Caringin Nunggal sebagai desa yang telah melunasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Pos terkait