HUT DPKP ke-105, Bupati Sukabumi Ajak Tingkatkan Kesadaran Pencegahan Kebakaran

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Hari Ulang Tahun ke-105 Dinas Pemadam Kebakaran (DPKP) diselenggarakan dengan khidmat di Halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi pada Senin (06/05). Bupati Sukabumi, H Marwan Hamami, turut berperan sebagai Inspektur upacara dalam peringatan tersebut.

Dalam amanatnya, H Marwan Hamami meminta kepada jajaran DPKP Kabupaten Sukabumi untuk terus meningkatkan layanan pencegahan kebakaran dan penyelamatan. Ini sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan, kemajuan, dan ketangguhan masyarakat dan daerah.

“Perjalanan DPKP selama 105 tahun tidaklah mudah. Usia ini menandakan bahwa rakyat mengakui keberadaan Damkar dan kerja kerasnya telah menghasilkan kepercayaan publik,” ungkap H Marwan Hamami.

Berdasarkan laporan, sepanjang tahun 2023, DPKP telah melakukan penanggulangan kebakaran sebanyak 579 kali dan non-kebakaran 517 kali. Kegiatan penyelamatan terbanyak adalah animal rescue.

“Animal rescue ini seperti mengevakuasi sarang tawon jenis vespa, ular masuk rumah warga, terperosok masuk sumur, dan terseret air sungai,” tambahnya.

H Marwan juga menjelaskan bahwa DPKP adalah ujung tombak dalam memberikan layanan dasar kepada masyarakat. Dia menekankan pentingnya keterbukaan informasi dan kemudahan teknologi untuk pengembangan diri.

Tak hanya itu, keterlibatan aktif masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam pencegahan, penanggulangan kebakaran, dan penyelamatan. Ini sesuai dengan amanat regulasi Kemendagri mengenai pembentukan Dinas Damkar dan peran Relawan Kebakaran (Redkar).

“Saya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama berperan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran,” ujar Bupati Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sukabumi juga menyerahkan piagam penghargaan kepada 5 pegawai Purna Bakti DPKP serta piala skil competition kepada pemenang.

Usai upacara, Bupati Sukabumi memberikan pembinaan umum kepada seluruh pegawai DPKP di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi.

Pos terkait