Dampak Arus Pendek Charger Handphone, Rumah Berlantai 2 di Ciracas Jakarta Timur Dilalap Api

Foto: Doc. Nurito/B.Jakarta

Matanusa, Jakarta – Sebuah rumah berlantai 2 di Jalan Kelapa Dua Wetan RT 07/08 Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, dilaporkan hangus terbakar, pada Minggu (25/02/24) sekitar pukul 02.44 dini hari. Diduga, kebakaran dipicu oleh arus pendek listrik dari charger handphone.

Menurut Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, peristiwa tragis ini dimulai ketika charger HP meledak, menyambar instalasi listrik, dan menyulut kobaran api dan upaya pemadaman berhasil dilakukan dalam waktu satu jam dengan keterlibatan 10 unit mobil pemadam dan 55 personel,” kata Gatot Sulaeman.

“Pelapor sedang mengecas HP tiba-tiba HP nya meledak dan muncul bau gosong, seketika api sudah membesar di lantai 2 rumah tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa atau luka dalam kejadian ini, meskipun satu keluarga harus kehilangan tempat tinggalnya,” terangnya.

Plt Lurah Kelapa Dua Wetan, Akhmad Bakri, menegaskan bahwa karena pemilik rumah tergolong orang mampu, tidak diajukan bantuan sosial ke Sudin Sosial maupun PMI Jakarta Timur,” tambahnya.

Meskipun satu ruangan di lantai dua habis terbakar lantai dasar masih dapat digunakan untuk istirahat, sehingga tidak ada kebutuhan tempat pengungsian,” tandasnya.

Pos terkait