Pedalangan Sukabumi Nantikan Kejelasan Binojakrama Jabar 2023

Redaksi/Steven DJ

MATANUSA.NET SUKABUMI-

Sebagai persiapan mengikuti event seni budaya Binojakrama tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 di Bandung, Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Sukabumi telah melaksanakan berbagai persiapan pembinaan kepada kontingen Binojakrama yang didukung enam kordinator Wilayah Se- Kabupaten Sukabumi. 

Prosesi persiapan selama empat pekan sudah kami lakukan dalam rangka meningkatan mutu dan kualitas baik para dalang serta pengiring atau pangrawit dengan tekad dapat meraih kembali Bokor Kancana Astagina Binojakrama di Kabupaten Bandung,” ungkap Iman Rusmandar sebagai Ketua PEPADI Kabupaten Sukabumi. Minggu (29/10/2023) di Sekretariat Pepadi jalan Pelabuhan, Desa Cimanggu Kecamatan Cikembar. 

BACA JUGA : Seleksi Terbuka JPTP Eselon II.b, Ini Penjelasan BKPSDM Sukabumi

Ketua Persatuan Padalangan Indonesia  mengatakan, bahwa prosesi pelatihan ini salah satu upaya untuk meraih prestasi tertinggi di bidang Padalangan di Jawa Barat dan kembalinya Bokor Kancana  Astagina kembali ke Kabupaten Sukabumi.

Selain itu, Iman yang juga Ketua Yayasan Cita Padalangan Kabupaten Sukabumi menegaskan walaupun pada saat ini waktu yang ditetapkan untuk penyelenggaraan Binojakrama belum ditetapkan. Hanya sebatas informasi dari bidang kebudayaan Kabupaten Sukabumi bahwa penyelenggaraan Binojakrama Padalangan tingkat Provinsi akan dilaksanakan di Kabupaten Bandung pada bulan November Tahun 2023,” tuturnya.

“Ya pihak kami sudah siap tampil tempur, Namun masih menunggu kepastian jadwal yang pasti dari pihak panitia Binojakrama  juga PEPADI Jabar , Jadi atau tidaknya kami tetap akan tetap melanjutkan pembinaan sebagai tanggung jawab kami melestarikan seni budaya Sunda di Sukabumi “,” pungkas Iman.

(Red)