Sesuai Intruksi Bupati, Wabup Iyos Bahas Pemagangan ke Luar Negeri Bersama Direktur BPPVP Kemenaker RI

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mewakili Bupati melakukan Koordinasi dengan Direktur Bina Penyelenggaraan  Pelatihan Vokasi Dan Pemagangan Kementrian tenaga kerja RI terkait program pemagangan tenaga kerja ke luar negeri. Bertempat di Ruang rapat Dirjen Ketenagakerjaan, Kemenaker RI. Rabu(01/02).

Dalam arahannya Direktur Bina Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi Dan Pemagangan Muhammad Ali, S.S, M.A, Ph.D mengatakan bahwa untuk pelatihan dalam negeri dapat di fasilitasi oleh balai pelatihan yang ada di provinsi, akan tetapi di satu sisi di harapkan adanya dukungan dari pemerintah daerah untuk memberdayakan para peserta pelatihan di perusahaan- perusahaan yang ada di daerah.

Sementara itu untuk pemagangan  luar negeri, untuk sementara Kab Sukabumi belum ada permohonan untuk memdapatkan pelatihan.

“Untuk mendapatkan pelatihan pemagangan di luar negeri maka pemerintah daerah harus mengajukan permohonan untuk mendapatkannya , sedangkan sampai saat ini pemerintah Kabupaten Sukabumi belum mengajukan pemagangan ke luar negeri ” ungkapnya.

Sementara itu di tempat sama, Wakil Bupati mengatakan bahwa dilakukannya  audensi ini sesuai dengan intruksi Bupati untuk bertemu dengan Direktur Bina Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi Dan Pemagangan untuk membahas terkait pemagangan ke luar negeri terutama negara jepang.

“Alhamdulilah, banyak sekali informasi yang di terima dan  akan segera di tindaklanjuti pemagangan yang bersifat kolaboratif kerja sama antara Kemenaker dan Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Di katakan pula terdapat dua cara untuk melakukan kerjasama tersebut yaitu melalui LPKSO dan Kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan Kemenaker.

“Pemerintah daerah akan  segera menindaklanjuti dengan melakukan langkah langkah teknis melalui kolaborasi dengan Pemerintah Kecamatan  dan  Desa” Tegasnya.

Turut mendampingi Wakil Bupati unsur Bappelitbangda, unsur Disnakertrans, kepala Balai Latihan Kerja ,  unsur BPKAD, unsur bag Kerjasama Setda dan unsur Perumda Agro sukabumi Mandiri

Redaksi/D2