Bupati Sukabumi Dorong Penguasaan Teknologi Robotik untuk Wujudkan Indonesia Emas 2045

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, menegaskan pentingnya peran masyarakat Kabupaten Sukabumi dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menghadapi tantangan masa depan.

“Kami memiliki keinginan agar SDM di Kabupaten Sukabumi berperan aktif dan siap menjawab tantangan zaman,” ungkap Marwan Hamami saat menutup Sukabumi Robotic Competition (SRC) Tingkat Nasional 2024 di Auditorium Universitas Nusa Putra, pada Minggu (25/08/2024).

Bupati menyambut baik penyelenggaraan kompetisi robotik ini karena teknologi robotik dapat menjadi solusi dalam mempermudah aktivitas manusia. “Teknologi robotik sangat penting dan harus dikuasai oleh semua orang, terutama generasi muda kita,” ujarnya.

Marwan juga menekankan bahwa kemampuan di bidang teknologi, khususnya robotik, sangat mendesak. Hal ini terbukti dengan adanya penerapan teknologi robotik di sektor pertanian di Kabupaten Sukabumi.

“Kegiatan seperti ini harus terus berlanjut dan inovasi harus terus dilakukan untuk menemukan peluang baru,” lanjutnya. Ia pun mengapresiasi panitia yang terus menyelenggarakan kegiatan ini.

Senada dengan Bupati, Rektor Universitas Nusa Putra, Kurniawan, juga menekankan pentingnya kompetisi ini dalam meningkatkan kemampuan akademik dan teknis anak-anak. “Terima kasih kepada Pak Bupati yang telah memberikan ruang bagi anak-anak untuk berkreasi, khususnya di bidang robotika,” katanya.

Ketua Panitia SRC Tingkat Nasional 2024, Jafar Sidiq, menyampaikan bahwa kompetisi ini telah dilaksanakan untuk ketiga kalinya, bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi. Tahun ini, kompetisi diikuti oleh 275 peserta dari 12 kategori pertandingan, dengan kerjasama antara Sukarobot Academy dan Universitas Nusa Putra.

“Peserta datang dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Lampung, Sragen, Banten, Jakarta, dan Sukabumi,” jelas Jafar.

Dalam kegiatan ini, Bupati Marwan juga berkesempatan meninjau stand peserta kompetisi dan menyerahkan piala bergilir serta voucher beasiswa kepada peserta dari tingkat SMA.

Pos terkait